Saturday, December 3, 2022

Kiat Merawat Bugenvil agar Bunga Menjadi Rimbun

Rekomendasi

Trubus.id — Bunga bugenvil sangat indah dipandang. Untaian bunganya yang merah muda keunguan sangat memikat hati bagi siapa pun yang memandangnya. Apalagi, durasi bunga relatif lama hingga enam bulan. Penampilan terbaiknya pada musim kemarau April–September.

Bentuk tangkai bugenvil singapura itu memanjang sekitar 1–1,5 meter penuh dengan bunga, nyaris tanpa daun. Saat berbunga terlihat rimbun menjuntai ke bawah. Bugenvil merupakan tanaman anggota famili Nyctaginaceae.

Agung Turah Tresna Wijaya, salah seorang pehobi di Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, menanam bugenvil di halaman depan rumahnya. Bugenvil miliknya tumbuh di pot berdiameter 80 cm.

Kedalaman media tanam 1 meter. Agung menggunakan pasir malang—tanpa tanah—sebagai media tanam dan mencampurkan dengan NPK. Perbandingan keduanya 1:0,25.

Menurut Agung, pasir malang bersifat porous. Dulu, ia mengaku pernah menggunakan tanah, tapi akar tanaman menjadi busuk. Ia mengganti media tanam sekali setahun sekaligus memangkas 20 persen akar.

Usai penggantian media, ia meletakkan tanaman di lokasi teduh untuk memulihkan stres setelah pemangkasan akar. Sebelum pembungaan, ia fokus pada daun. Itulah sebabnya Agung rutin memangkas daun dan memupuk.

Penyiraman dua kali sehari pada pukul 07:00 dan 16:00. Namun, saat fase pembungaan penyiraman rutin hanya pagi. Volume air juga dikurangi saat fase berbunga, yakni 1–2 gayung.

Pehobi lain yang juga gandrung bugenvil adalah Hari Wibowo, M.Pd., di Kota Depok, Jawa Barat. Bugenvil bambino baby allison itu selama 20 tahun tumbuh di halaman rumahnya. Tanaman setinggi 3 meter tumbuh di tanah dan berbunga semarak.

Menurut Dr. Ir. Nizar Nasrullah, M.Agr., dosen di departemen Arsitektur Lanskap, Institut Pertanian Bogor, pehobi harus memperhatikan media tanam. Ia merekomendasikan tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 1:1:3. Penggunaan kerikil sebagai media tanam juga menghambat pertumbuhan akar.

Tujuannya, jika fase vegetatif tumbuhan terhambat, merangsang bugenvil berbunga. Selain itu, pehobi juga dapat menggunakan zat penghambat pertumbuhan tanaman seperti retardan. Senyawa tersebut dapat merangsang pembungaan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img