Saturday, December 3, 2022

Sektor Perikanan Diharapkan Jadi Penopang Ketahanan Pangan Nasional

Rekomendasi

Trubus.id — Sektor perikanan diharapkan mampu menjadi tulang punggung ketahanan pangan dan pemenuhan gizi nasional. Apalagi, ikan sebagaimana diketahui merupakan bahan pangan berprotein tinggi yang menyehatkan.

Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan, terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai sumber protein utama guna mencetak generasi unggul berkualitas sebagai calon penerus bangsa.

“Terlebih Indonesia sebagai negara maritim, sumber daya ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional,” kata Sakti, dikutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Organisasi Pangan Dunia (FAO) memperkirakan pada 2023 akan terjadi peningkatan kerawanan pangan tingkat akut secara global. Hal ini dipicu oleh dampak Pandemi Covid-19, serta perang Rusia-Ukraina yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir.

Menurut Sakti, permasalahan ketahanan pangan ini telah menjadi perhatian seluruh pemimpin dunia. Oleh karena itu, Indonesia, dalam hal ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah melakukan langkah antisipatif untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Kekayaan sumber daya laut yang melimpah merupakan modal dasar untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan gizi nasional.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat angka konsumsi ikan nasional pada 2021 mencapai 55,16 kg per kapita setara ikan utuh segar. Angka ini tumbuh 1,10 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 54,56 kg per kapita setara ikan utuh segar. Angka konsumsi ikan pada 2024 ditargetkan sebesar 62,5 kg per kapita setara ikan utuh segar.

Ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi dan memiliki kandungan asam lemak omega 3,6,9 sangat relevan sebagai salah satu sumber asupan gizi untuk mendukung program ketahanan pangan.

Ikan juga mengandung vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas. Selain itu, ikan termasuk komoditas yang mudah dikreasikan menjadi berbagai olahan sehingga menjadi lebih variatif saat dihidangkan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img