Monday, May 20, 2024

Pelantikan Pengurus Gempita Jawa Tengah:  Visi Mentan Amran Hingga Regenerasi Petani untuk Swasembada Pangan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Gerakan Pemuda Tani Indonesia  (Gempita) menggelar pelantikan pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa Tengah, Arief Tri Wahyudi, S.T, dan pengurus pada  Jumat 27 April 2024 bertempat di Aula Utam, Balai Latihan Kerja, Karanganyar, Jawa Tengah.

Koordinator Nasional Gempita Muhamad Yasir menyampaikan,  Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) lahir sebagai bentuk kepedulian Menteri Pertanian,  Andi Amran Sulaiman untuk mewujudkan swasembada pangan.

Hal itu bertujuan menggerakan pemuda milenial, dan gen z untuk terlibat menjaga ketahanan pangan. “Melalui gerakan ini harapannya generasi muda tidak menghabiskan waktu untuk hal kurang bermanfaat. Pemuda diajak ikut bersama-sama memanfaatkan lahan tidur untuk mengembangkan pertanian,” tutur Yasir dalam sambutannya.

Direktorat Pembiayaan Pertanian Kementerian dalam sambutannya berharap anak muda progresif di dunia pertanian. Misalnya dengan menyulap lahan menjadi produktif dan menghasilkan berbagai komoditas pertanian.

Ajakan itu beriringan dengan adanya program perluasan areal tanam oleh pemerintah. Tujuannya untuk mencapai swasembada padi, jagung, dan kedelai.

“Jika sektor usaha lain seperti kuliner bisa berkembang, kenapa sektor pertanian tidak bisa. Ini bisa dikembangkan jadi usaha menjanjikan. Makanya perlu dirangsang agar pemuda melihat petani menjadi sektor menjanjikan dengan keuntungan besar,” katanya.

Ia juga berharap pascapelantikan kepengurusan Gempita baik secara nasional maupun wilayah  semua dapat bekerja untuk mewujudkan swasembada pangan.

Perwakilan Kepala Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)  Jawa Tengah—Yogyakarta, Hermawan, mengingatkan tentang pentingnya keterlibatan anak muda dalam dunia pertanian. 

“Kami dari Polbantang siap memberikan support dan siap membantu para petani milenial yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta,” katanya.

Acara Pelantikan itu juga sekalgius penandatanganan kerjasama antara Asosiasi Es Teh Indonesia dengan Korna Gempita. Selain itu digelar acara Rembuk Petani Milenial dengan Tema Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Harga Hingga Rp25 Juta, Kambing Hias Pigmi Incaran Pehobi

Trubus.id—Para pehobi menggemari kambing pigmi yang lucu sebagai kambing hias. Menurut pemilik Pet Icon Jogja di Kabupaten Sleman, Provinsi...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img