Wednesday, April 17, 2024

Ragam Tanaman Hias Awet dan Minim Perawatan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Ingin memiliki taman hias tetapi sibuk sehingga tak sempat merawat? Anda dapat memilih tanaman awet yang seumur hidupnya tak perlu perawatan ekstra.  Bromelia, misalnya, tergolong tanaman bandel sehingga tak perlu perawatan intensif.

Sebab, tanaman anggota famili Bromeliaceae itu menghimpun nutrisi melalui 2 cara: menyerap nutrisi dari tanah dan pucuk tanaman. Pada bagian pucuk biasanya terisi air saat hujan atau penyiraman.

Air yang tertampung itu berubah menjadi asam. Di “kubangan” itu sering kali terperangkap beberapa jenis serangga seperti lalat dan kumbang. Serangga yang terjebak lama-kelamaan mati dan terurai menjadi sumber nutrisi.

Pemilik taman hias juga tak perlu repot memangkas bromelia. Pada beberapa tanaman hias pemangkasan bertujuan untuk meremajakan tanaman, merangsang pembungaan, dan memelihara bentuk tajuk sehingga tetap indah. Pertumbuhan bromelia tergolong lamban.

Tanaman awet lain yakni corymbosa mini berbunga putih. Tanaman semak itu berbunga tak kenal musim dan adaptif di dataran rendah seperti Jakarta. Anda tak perlu repot memangkas karena corymbosa tergolong tanaman perdu. Tingginya maksimal hanya setinggi lutut orang dewasa.

Pertumbuhan tanaman hanya membuat percabangan dan tajuk menjadi lebih rapat. Tanaman hias lain yang memiliki karakter seperti corymbosa adalah akalipa mini. Golongan perdu dapat menjadi pilihan karena pertumbuhannya lamban.

Sebaiknya Anda gunakan tanaman perdu yang memiliki bentuk tajuk berbeda agar lebih indah. Perbedaan bentuk tajuk juga menunjukkan perbedaan perakaran. Dengan begitu tingkat serapan nutrisi juga berbeda sehingga tidak terjadi kompetisi nutrisi. Jika sampai terjadi kompetisi maka pertumbuhan tanaman menjadi tidak seragam.

Pilihan lainnya yakni sikas. Sikas tergolong tanaman yang perawatannya gampang sehingga pemilik tak perlu repot memangkas karena pertumbuhan sikas lamban. Semakin bertambah umur, anggota famili Cycadaceae itu hanya bertambah daun.

Tajuk sikas juga tidak terlalu rapat sehingga masih bisa meloloskan sinar matahari hingga 30—40%. Oleh karena itu tanaman lain yang berukuran lebih kecil di bawahnya tetap tumbuh subur karena masih mendapat sinar matahari.

Tanaman palem-paleman juga dapat menjadi pilihan karena berkarakter mirip sikas: pertumbuhan lamban dan tak perlu pemangkasan. Hari menuturkan taman tanpa pangkas biasanya lebih indah karena terlihat lebih alami. 

Tanpa pemangkasan, tanaman akan tumbuh sesuai karakternya sehingga memperkuat kesan alam. Toh, dengan begitu perawatan jadi mudah sehingga tak perlu tenaga khusus untuk merawat taman.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peternak di Kabupaten Magelang Sukses Silangkan Ayam Poland

Trubus.id—Penggemar ayam poland di Indonesia berasal dari berbagai daerah. Alasannya karena sosok ayam poland sangat unik. Muhammad Doni Saputra...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img