Monday, July 15, 2024

Resep Bikin Daging Nabati dari Jamur Shiitake

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id-Daging nabati merupakan  daging berbahan tanaman (plant based meat). Menurut ahli gizi masyarakat di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ali Khomsan, M.S. lazimnya, penikmat daging nabati dari kalangan yang memiliki minat khusus pada makanan sehat.

Konsumen lainnya seperti penderita penyakit degeneratif seperti hipertensi, jantung dan kolesterol, serta golongan yang menganut prinsip vegetarian.

Anda dapat mengolah daging nabati berbahan jamur shiitake berdiameter kaki jamur 10—15 cm. Pemilihan shiitake karena bertekstur dan serat yang menyerupai daging.

Sebagai pemenuhan kebutuhan protein nabati, masyarakat bisa mengonsumsi alternatif penganan lain berbahan kedelai seperti tahu dan tempe yang bergizi kompleks.

Untuk pangan nabati, protein tertinggi berasal dari produk kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang merah.  Sementara kandungan protein kelas medium dari serealia seperti beras, jagung, dan sorgum. Selanjutnya, tanaman umbiumbian seperti ubi jalar dan singkong. 

Meskipun tren penganan daging nabati mulai berkembang, tetapi sejatinya peran daging hewani tetap memiliki kualitas gizi. Daging nabati dapat menjadi alternatif untuk kelompok kalangan khusus sebagai substitusi penganan berbahan daging hewani.

Bikin Daging Nabati

  1. Sortir dan cuci jamur shiitake untuk membuang kotoran.
  2. Pipihkan jamur untuk membuka serat-serat jamur. Lalu rendam selama 3 hari dan 3 malam untuk menghilangkan aroma jamur dan membuat tekstur lebih kenyal.
  3. Giling jamur menggunakan mesin penggiling. Tambahkan bumbu khusus agar rasa daging nabati menyerupai daging asli.
  4. Cetak adonan seperti daging asli dan kukus selama 10 menit dengan suhu 95oC.
  5. Goreng daging nabati dalam minyak panas bersuhu 90—100oC selama 3—5 menit.
  6. Masak daging dengan aneka bumbu seperti rendang, gepuk, serta dendeng manis dan pedas selama 45 menit hingga bumbu meresap sempurna.
  7. Kemas daging nabati berbumbu dalam kemasan kedap udara sehingga siap untuk dipasarkan.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img