Sunday, August 14, 2022

Semarak Bunga Kunci Juara

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Juara kelas campuran kecil koleksi Khor Chen KhengSelama dua purnama itu seorang trainer khusus membantu Teh memangkas ujung ranting dan daun mawar gurun itu. Pertumbuhan kamboja jepang itu juga dipacu dengan pupuk organik cair dan perangsang bunga khusus adenium. Berbarengan dengan itu adenium dipaksa kekeringan dengan hanya disiram sekali seminggu, biasanya tiga kali seminggu. Perlakuan itu membuat kuncup-kuncup bunga bermunculan serempak 7 pekan pascaperlakuan. Supaya selamat dari gempuran hujan, adenium diletakkan di bawah naungan. Dengan cara seperti itu, saat kontes adenium semarak bunga.

Adenium obesum yang turun di kelas campuran ukuran sedang itu menjadi yang paling mencolok di arena kontes. Bunga berwarna merah mentereng yang menyelimuti tajuk berpadu dengan caudex dan percabangan yang tertata apik. “Di antara seluruh juara di setiap kelas ia tampil paling ideal,” ujar juri asal Thailand, Anek Karnjanapon.

Ideal

Dengan modal seperti itu adenium koleksi Teh mengalahkan para pesaing di perebutan gelar best plant of the year. Adenium koleksi Choon Garden yang langganan juara di kelas arabicum/RCN/thaisocco sedang hadir tanpa bunga. Sedangkan adenium koleksi Chew Teng Hooi yang langganan juara di kelas campuran ukuran ekstrabesar sebagian bunga sudah menjadi buah. “Adenium yang ideal, seluruh bagian tanaman dapat dinikmati keindahannya. Mulai dari caudex, percabangan, daun, dan bunga,” ujar juri asal Malaysia, David Goh Thean Poh.

Di kelas campuran ukuran sedang Teh Kheng Hooi mengikutsertakan Adenium obesum lain yang penampilannya tak kalah cantik. Bunga putih menyelimuti hampir seluruh permukaan tajuk. “Dari percabangan sebetulnya lebih bagus yang berbunga putih. Hanya saja porsi dan jumlah bunga kalah semarak ketimbang yang berbunga merah. Tentunya membungakan sebanyak itu lebih sulit,” ujar Anek. Karena itu si bunga putih hanya menduduki peringkat kedua.

Menurut Khor Oi Meng, pemain adenium di Pulau Pinang, pada setiap Mei adenium di Pulau Pinang biasanya semarak bunga. Pada bulan itu intensitas hujan berkurang. Adenium biasanya banjir bunga saat kemarau. Itulah sebabnya pada kontes yang diselenggarakan di Penang Botanic Garden, Pulau Pinang, Malaysia, itu suasana kontes lebih semarak karena dari 62 peserta hampir sepertiganya tengah memamerkan bunga.

Dominasi juara

Sayangnya peserta berbunga tidak dikelompokkan dalam kelas tersendiri seperti di tanahair. Kontes adenium di tanahair peserta yang semarak bunga biasanya dikelompokkan dalam kategori total performance. Akibatnya, yang menjadi juara di beberapa kelas diraih kontestan yang tengah semarak bunga. “Tentunya tidak sekadar berbunga. Ia juga mesti berpadu dengan caudex dan percabangan yang tertata apik,” kata David.

Contohnya pada kelas campuran berukuran kecil. Adenium koleksi Khor Chen Keng berhasil menyabet gelar juara karena berbunga penuh. Ia berhasil mengandaskan koleksi miliknya yang lain yang hanya berbunga sebagian. Dalam kontes adenium kali ini semarak bunga menjadi kunci utama jadi juara. (Imam Wiguna)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img