Monday, August 15, 2022

Surabaya Orchid Show 2006 : Si Kauskaki Merah pun Berjaya

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Gelar itu merupakan prestasi tertinggi yang pernah diraih zgx. gumeracha ?red socks? x z. advance australia ?adelaide? sejak ikut lomba setahun silam. Pada Surabaya Orchid Show 2005, ia dikalahkan phalaenopsis giorgie vasquez x hawaiian legend milik Herman Wijaya. Anggrek koleksi Hendra itu harus puas menempati peringkat the best section pada seksi hibrida jenis lain. Namun, pada Tahun Anjing ini, si kauskaki merah membuktikan diri sebagai yang terbaik.

Persaingan ketat

 

Dalam perjalanan menuju puncak juara, zgx. gumeracha ?red socks ? x z. advance australia ?adelaide ? harus bertarung dahulu dengan 6 juara section. Section A, cattleya, diwakili da shin milik Florida dari Ridho Orchids. Section B, dendrobium, menghadirkan red emperor yang juga koleksi Florida. Section C, oncidium, mengandalkan bllcra. martfi teh ?red fox? koleksi Hendra Gunawan. Sementara section D, vandaeceous diwakili kolsom renanthera milik RR Orchids. Phalaenopsis di section E menampilkan spuyten duyvill amado vezguez koleksi Galaxy Orchids. Sedangkan section F, paphiopedilum, menghadirkan dell rosii yang juga milik Galaxy Orchids.

Persaingan antarseksi untuk menentukan yang terbaik itu cukup ketat. Tahap awal, juri melakukan voting terbuka untuk memilih 3 anggrek dari 7 juara seksi berdasarkan kriteria yang telah disebutkan di atas. Setelah terpilih 3 kandidat, ke-21 juri langsung memberikan nilai. Melalui hasil penilaian itu, akhirnya juri sepakat menobatkan zgx. gumeracha ?red socks ? x z. advance australia ?adelaide? sebagai juara dengan skor 106.

Pada kategori spesies, Dendrobium spectabile dari Simanis Orchids menjadi juara terbaik lantaran kondisi tanaman dan bunganya bagus. Bunga kribo berwarna kuning-cokelat itu dalam keadaan segar. ?Dalam satu tangkai tak ada bunga yang layu dan rontok,? ujar Veronica. Kesehatannya juga prima, ditandai dari warna bunga yang terang tidak pudar. Wajar bila juri asal Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Taiwan, dan Australia yang dikoordinir Sutikno Linuhung dari Indonesia mengganjar nilai 125 dan menobatkannya sebagai the best species.

Lomba dan pameran anggrek Surabaya Orchids Show 2006 di AJBS itu semarak sekali. Para peserta datang dari Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Papua. Utusan dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Taiwan juga hadir. Peserta mancanegara ikut memeriahkan acara itu dengan mendekorasi stan berdasarkan ciri khas negara masing-masing. (Rosy Nur Apriyanti)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img