Wednesday, February 8, 2023

Warga Desa Sarirejo Kirim 2 Ton Buah Nanas Segar dan Produk Olahan untuk Korban Gempa Cianjur

Rekomendasi

Trubus.id — Berbagai bantuan terus mengalir untuk korban gempa Cianjur. Bukan hanya dari lembaga pemerintahan, melainkan warga juga turut berpartisipasi membantu saudara di Cianjur yang terkena musibah. Salah satunya warga Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang mengirim 2 ton buah nanas segar dan aneka produk olahan nanas.

Efrizal Ali (54), salah seorang tokoh Desa Sarirejo, mengatakan, dalam penyaluran bantuan ini, bekerja sama dengan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan PT Pupuk Kujang.  

“Dengan rincian, satu ton disalurkan melalui Lazismu, dan satu ton lagi lewat PT Pupuk Kujang,” kata Efrizal.

Lebih lanjut, Ketua Kelompok Tani Nanas Mekarsari Maju, itu menjelaskan, sebenarnya jauh-jauh hari bersama warga lain, sudah berniat untuk menyalurkan buah nanas kepada korban gempa Cianjur. Hanya saja, sempat bingung sistem penyalurannya.

Efrizal, bersama petani nanas di Desa Sarirejo, memanen buah nanas pada Jumat (02/12), dan mengirimkannya ke Cianjur pada Sabtu (03/12) pagi hari. Nanas yang dikirimkan berukuran sedang, tujuannya agar kuantitas buah yang dikirimkan bisa banyak.

Bobot per buah nanas sekitar 750 gram. Buah nanas subang yang dikirimkan termasuk kualitas unggul. Hal ini karena tingkat kemanisan di tengah buah mencapai 16–17°briks. Efrizal mengatakan, saat pengiriman buah nanas sudah dikemas dalam kardus, untuk menjaga kesegaran buah nanas hingga bisa dinikmati oleh para korban.

Selain buah nanas segar, Efrizal menyebut juga akan mengirimkan beragam produk olahan khusus untuk relawan yang bertugas. Karena kuantitas produk olahan terbatas, jadi hanya dibagikan untuk para relawan. Produk olahan yang dikirimkan merupakan produk dari Koperasi Produsen Singgalang Sari Maju.

Aneka produk olahan itu meliputi sirup nanas, wajik nanas, dan keripik nanas. Efrizal bersama warga Desa Sarireja, memiliki prinsip dalam perputaran roda kehidupan ada kalanya menerima, dan ada kalanya harus memberi atau berbagi.

“Walaupun kami hanya bisa donasi dalam bentuk buahnya saja, karena ini yang kami punya, semoga ada manfaatnya buat saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana gempa di Cianjur ini,” tutur Efrizal.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img