Saturday, August 13, 2022

Bonsai: Tetap Cantik di Eropa

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Di kota mode, Paris, Perancis, kita bisa menemukan butik bonsai.

Butik bonsai itu saya temukan saat berkunjung ke Paris pada November 2012. Di butik itu saya mendapati bonsai tertata apik di rak-rak dalam ruang yang elok. Itu untuk bonsai-bonsai asal tanaman tropis. Sementara untuk bonsai subtropis, seperti cemara dan pinus sengaja ditempatkan di depan toko, di atas rak di daerah trotoar.

Salah satu butik bonsai di Perancis
Salah satu butik bonsai di Perancis

Hebatnya, butik bonsai itu berlokasi di daerah mewah. Butik bonsai adalah toko yang menjual berbagai macam bonsai, baik bonsai tropis maupun subtropis. Pendek kata, di Paris saya melihat bonsai diletakkan terhormat di dalam sebuah toko yang mewah. Bonsai yang identik sebagai tanaman tropis tumbuh subur di Belanda, Jerman, dan Perancis.

Beragam bonsai seperti ficus, jeruk kingkit Triphasia trifolia, carmona, hingga  buxus tampil menarik di Lodder Bonsai di Belanda. Sosok bonsai yang identik dengan tanaman kerdil tetapi sehat pun sudah mulai terlihat. Bahkan, pada tanaman  seribu bintang bunganya yang berwarna putih telah bermekaran hingga berguguran di meja etalase. Penampilan bonsai-bonsai itu tak berbeda jauh dengan bonsai di Indonesia. Padahal tumbuhnya di Belanda, negara subtropis yang memiliki 4 musim.

Indoor

Nun di Bonsai Enger, Jerman, saya mendapati ribuan bonsai serupa. Pohon-pohon mini itu tertata rapi  di atas rak-rak berhias kerikil berwarna putih. Peletakannya ada yang di ruang terbuka, ada pula di dalam greenhouse. Yang mengagumkan, tanaman-tanaman itu tumbuh subur. Bahkan, lebih subur dibanding dengan di Indonesia, yang merupakan negara tropis, tempat asal bahan-bahan bonsai itu.

Tanaman tropis memang banyak digemari di Eropa. Masyarakat Benua Biru memanfaatkan bonsai sebagai tanaman penghias di dalam ruangan (indoor), terutama pada musim dingin. Tanaman tropis itu akan tahan di dalam ruangan dengan meletakkannya di bawah lampu ultraviolet. Mereka mendatangkan bonsai-bonsai itu dari Asia.

Lodder Bonsai BV misalnya. Perusahaan raksasa yang menjual berbagai jenis tanaman—terutama bonsai tropis dan subtropis—itu mendatangkan berbagai macam bonsai dari berbagai penjuru dunia, terutama Asia. Untuk bonsai tropis, Lodder mendatangkan dari Cina dan Indonesia.

Beragam jenis bonsai tumbuh subur di Perancis
Beragam jenis bonsai tumbuh subur di Perancis

Sejak  era  1990-an Indonesia memang mengekspor tanaman tropis ke Eropa. Beberapa jenis di antaranya kupa landak Syzigium cauliflora, Duranta repens, ficus, dan Buxus harlandii. Banyak tanaman sederhana yang kurang digemari di Indonesia justru digemari di Eropa. Seperti Durante repens, kupa landak, azalea, dan ficus.

Teknologi

Tumbuh suburnya bonsai di sana memang tak lepas berkat kepiawaian sang pemilik dan teknologi modern. Bonsai Enger misalnya. Nurseri yang sangat luas itu milik keluarga Pieper yang berlatar belakang botanis. Keluarga Pieper tahu benar bagaimana cara merawat tanaman. Untuk media tanam, misalnya, mereka membuat sendiri dan kemudian menjualnya kepada pelanggan. Mereka juga melakukan perbanyakan tanaman tropis dengan setek.

Lodder Bonsai BV pun demikian. Perusahaan raksasa itu memiliki greenhouse yang sangat luas. Semua greenhouse menggunakan sistem yang modern dan otomatis. Mulai dari pengaturan masuknya sinar matahari, penyiraman, pemupukan, pemberian pestisida, hingga sistem pengatur temperatur ruangan. Semua diatur sedemikian rupa untuk memberikan perlakuan yang optimal pada tanaman. Pantas saja bila bonsai-bonsai  di Eropa tumbuh subur meski bukan di negeri asalnya. (Ir Budi Sulistyo, praktikus bonsai di Jakarta)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img