Wednesday, August 10, 2022

Cegah Mati Palem Roti

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Andy Chandra bersama encephalartos koleksinya
Andy Chandra bersama encephalartos
koleksinya

Kiat menanam encephalartos di tanah agar tidak terkena busuk batang.

Impian Andy Chandra menyaksikan keelokan encephalartos di halaman depan rumah kandas sudah. Batang tanaman anggota famili Cycadaceae itu tak kunjung memunculkan daun baru 14 hari pascatanam. Saat Andy Chandra menanam, batang encephalartos seharga Rp20-juta itu memang tanpa akar dan daun. “Saat datang hanya berupa bonggol batang dan tanpa media tanam,” ujar kolektor tanaman hias di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, itu.

Batang tanaman kerabat sikas itu malah terlihat menghitam. Karena penasaran, Andy pun membongkar tanaman itu. Rupanya penyebab tanaman tak kunjung tumbuh adalah busuk pada bagian pangkal batang. Pengalaman buruk pada 2004 itu bukan hanya menimpa Andy. “Beberapa rekan saya yang menanam encephalartos di tanah juga mengalami hal serupa,” ujar Andy.

Diameter 3 cm

Menurut Andy Chandra, “Menanam encephalartos ternyata gampang-gampang susah.”  Sejak gagal menanam encephalartos di lahan, Andy semakin getol menggali informasi dari literatur dan berkonsultasi dengan rekan sesama pehobi. Ternyata penyebab busuk justru kondisi tanah yang terlalu subur. “Proses adaptasi sebelum ditanam di tanah juga penting,” kata Andy. Setelah merasa bekal pengetahuan budidaya encephalartos cukup, Andy pun  mendatangkan kembali tanaman asal Afrika itu.

Pada 2004 ia mendatangkan Encephalartos horidus, E. lanatus, dan E. arenarius blue. Ketiga tanaman itu datang hanya berupa bonggol batang dan tanpa daun. Ia tak ingin pengalaman buruk terulang, sehingga memeriksa kesehatan batang. “Kalau ada memar atau busuk karena penyakit, saya buang bagian itu dan mengeringanginkannya sampai sepekan atau hingga bagian yang luka kering dan menjadi kalus,” tambah ayah satu anak itu.

Menurut kolektor palem roti—sebutan lain encephalartos—di Kelapagading, Jakarta Utara, Arya Vandana, SE, ukuran batang juga menentukan daya tahan terhadap busuk batang. “Saat membeli sebaiknya pilih tanaman yang berdiameter batang minimal 3 cm,” ujar Arya. Setelah itu Andy menanamnya dalam pot dengan media tanam berupa campuran tanah kebun dan pasir malang dengan perbandingan 1 : 1. “Tujuannya untuk proses adaptasi sebelum ditanam di tanah,” ujarnya.

Ia menambahkan sedikit pupuk lambat urai. Menurut dosen Jurusan Biologi, Universitas Brawijaya, Malang, Ir Retno Mastuti MagSc DAgSc, pupuk berlebih  menjadi media tumbuh cendawan yang dapat menyerang tanaman encephalartos.

Pindah Bertahap
Pindah Bertahap

Tanam tak langsung

Andy cukup menyiram tanaman dua pekan sekali. Bahkan, ketika musim hujan, ia berhenti  menyiram. Menurut Andy lama penanaman dalam pot bergantung kondisi tanaman. “Minimal 2 pekan, tapi bisa juga sampai 2 tahun. Yang penting akar sudah tumbuh dan kuat,” katanya. Cirinya muncul tunas. Ketika itulah  si pohon roti siap tanam di lahan. Buat lubang tanam, masukkan media tanam campuran media pasir malang dan tanah kebun dengan perbandingan 1 : 1. Menurut Retno tanaman sikas-sikasan itu tidak menyukai terlalu banyak air sehingga kondisi tanah harus porous atau tidak mengikat air.

Atur media tanam hingga berkontur mirip bukit dengan ketinggian 30 cm agar drainase air saat hujan lancar dan tidak menggenangi tanaman. “Sebaiknya tambahkan insektisida berbahan aktif karbofuran pada media tanam untuk mencegah akar dari serangan rayap,” kata Arya. Andy menanam encephalartos saat musim kemarau. Pada musim hujan batang tanaman rentan busuk dan terserang cendawan. Tiga bulan setelah penanaman di tanah adalah masa paling rentan bagi tanaman.

Itulah sebabnya saat hujan turun, Andy menaungi tanaman dengan terpal untuk menghindari air hujan jatuh di media tanam encephalartos. “Kalau sudah lebih dari 3 bulan tanaman relatif lebih kuat dan aman,” ujar pria 37 tahun itu. Saat musim hujan ia juga rutin menyemprotkan fungisida dengan dosis sesuai dengan petunjuk dalam kemasan setiap pekan. Dengan begitu sang palem roti pun tak terancam mati. (Lutfi Kurniawan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img