Saturday, December 3, 2022

Bunga Sepatu Kelir Pekat Incaran Banyak Pehobi

Rekomendasi

Trubus.id — Saat mekar sempurna, bunga sepatu atau hibiskus Taiwan Dancing Queen memamerkan warna merah dan ungu pekat pada sisi tengah bunga. Warna merah muda dan jingga kekuningan memenuhi tepi bunga. Hibiskus atau bunga sepatu itu banyak menjadi incaran pehobi.

Hibiskus hibrida Taiwan Dancing Queen kepunyaan Wellya Arsya, pehobi di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, tersebut merupakan hasil silangan penyilang dari Taiwan, Linda Lee.

Koleksi Wellya yang lain yakni hibiskus Trademark. Tipe hibrida asal Amerika Serikat itu memiliki bunga merah muda dan ungu lembayung yang tegas. Tepi bunga dihiasi warna jingga kekuningan.

Trademark memiliki campuran warna yang bagus dan spesial. Adapun Dancing Queen lebih bagus dengan warna yang pekat,” kata perempuan berusia 53 tahun itu.

Kolektor hibiskus yang kerap mengunjungi nurseri di luar negeri itu memang menggemari bunga berkelir pekat. Namun, ia belum memilikinya lantaran jarang menemui hibiskus berwarna gelap di Indonesia.

Kebanyakan hibiskus di Indonesia berkelir cerah seperti kuning dan jingga. Wellya mengumpulkan sekitar 120 jenis hibiskus sejak awal 2021. Taiwan Dancing Queen dan Trademark menjadi favorit Wellya.

Hingga kini baru ada 40 jenis yang berbunga. Wellya amat menantikan mekarnya hibiskus lantaran bunga hanya mekar satu hari. Sungguh sayang apabila pehobi melewatkan hari mekarnya hibiskus.

Hal serupa juga terjadi pada En Raharjo. Perjumpaan En dengan hibiskus bermula dari ketidaksengajaan. Seorang rekan memberikan En delapan jenis hibiskus. Dua tahun terakhir tanaman anggota famili Malvaceae itu mulai berbunga.

Sejak saat itu, laki-laki kelahiran Wonosobo, Jawa Tengah, ini menjadikan kembang sepatu sebagai hobi baru selain merawat tanaman buah. En mengamati hibiskus miliknya berbeda dengan bunga sejenis di Indonesia.

“Bunga berukuran besar membuat saya senang,” kata pria berumur 40 tahun itu.

Saat ini ada sekitar 30 varian hibiskus koleksi En. Ia berkreasi dengan menggabungkan beragam warna bunga dalam satu tanaman. Saat mekar bersamaan, terlihat semarak lantaran ada 6–8 warna bunga dalam satu tanaman. Ia menggunakan teknik grafting dengan batang utama hibiskus lokal.

Sementara itu, batang atas berupa hibrida mancanegara seperti Taiwan Polar Glow dari Taiwan dan Moorea Dark Kiss dari Rusia. Berawal dari unggahannya di media sosial, banyak pehobi meminati hibiskus hibrida impor koleksi En.

“Pilihan bunga hibiskus dengan banyak warna pada satu tanaman menarik bagi mereka yang memiliki lahan terbatas,” kata En.

Joko Witono, pehobi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menyilangkan hibiskus sejak 2016. Ia terpincut kembang sepatu lantaran melihat foto koleksi orang Taiwan di media sosial. Rasa penasarannya berlanjut hingga ia mendatangkan sedikit demi sedikit hibiskus hibrida asal Taiwan.

Semula, ia mendatangkan hibiskus berbunga identik yang ada di Indonesia seperti merah, kuning, dan putih. Kala itu respons konsumen belum begitu tertarik.

Joko bereksperimen dengan menyilangkan hibiskus untuk menghasilkan varian baru. Penyilangan dilakukan di dataran tinggi di Kabupaten Mojokerto dan Kota Batu, Jawa Timur. Ia mengunggah hasil silangannya ke media sosial dan memperoleh antusiasme tinggi. Menurut Joko, masyarakat tertarik dengan hibiskus lantaran mengetahui ragam warna yang tidak monoton.

“Orang Indonesia jadi suka dengan warna-warna kembang sepatu yang beragam. Selama ini di Indonesia identik dengan kembang sepatu merah, kuning, dan putih,” kata Joko.

Saat ini tren hibiskus berbunga gotik alias berwarna hitam tengah marak. Joko menghasilkan hampir 1.000 varian hibrida seperti Java Lavender Rain, Java Light of Beauty, dan Larasati. Joko mendaftarkan nama-nama silangannya di International Hibiscus Society.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img