Thursday, February 29, 2024

Desa Panembangan Sentra Ikan Hias di Jawa Tengah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Desa Panembangan, Banyumas, digadang-gadang menjadi sentra ikan hias di Provinsi Jawa Tengah. Desa Panembangan tengah dikembangkan menjadi Kampung Ikan Hias sekaligus lokasi percontohan penyuluhan perikanan.

I Nyoman Radiarta, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), mengatakan, pemilihan ikan hias sebagai komoditas yang dikembangkan di Desa Panembangan dikarenakan ikan hias memiliki nilai ekonomi serta peluang pasar yang tinggi.

“Baik pasar domestik maupun internasional,” kata I Nyoman seperti dikutip dari laman Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Oleh karena itu, ia berharap Kampung Ikan Hias di Desa Panembangan dapat berkembang menjadi sentra ikan hias di Jawa Tengah dan ke depan dapat menembus pangsa pasar ekspor.

Panembangan memiliki sumber daya air yang melimpah sepanjang tahun juga berpotensi besar untuk dikembangkan sebagai kawasan yang memadukan sektor perikanan, pertanian, dan pariwisata. 

Berdasarkan data, perdagangan ikan hias sangat potensial. Pada periode 2017–2021, nilai ekspor ikan hias Indonesia mengalami peningkatan signifikan dari yang semula USD27,6 juta pada 2017 menjadi USD34,5 juta pada 2021.

Ekspor ikan hias pada 2021 didominasi oleh ikan hias air tawar sebesar 80,63% atau senilai USD27,8 juta.  “Adapun jenis ikan hias yang paling diminati adalah arwana (super red dan jardini), cupang, botia, koi, maskoki, oscar dan lain-lain,” jelasnya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img