Wednesday, June 19, 2024

Inovasi Produk Sampo Alami dari Propolis untuk Hewan Peliharaan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Alumnus Teknik Bioproses Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Ahlan Fauzi meluncurkan sampo dari ekstrak propolis untuk klangenan seperti kucing, anjing, dan kelinci. Petpolis—nama produk—itu sebagai antijamur dan antibakteri.

Jamur malassezia globosa merupakan salah satu penyebab gatal-gatal pada hewan peliharaan. Ahlan Fauzi sekaligus Chief Executive Officer PT Propiglow Hatta Indonesia menuturkan “Propolis merupakan kandungan alami, bersifat antijamur yang teruji secara in vitro. Mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit hewan dan merawat kelembutan bulunya,” katanya.

Ia menuturkan dengan menggunakan propolis ikut memberdayakan ekonomi peternak lebah Indonesia. Ahlan menuturkan produk itu memenuhi standar kelayakan dan  stabilitas produk. Namun, masih menunggu izin BPOM dan Halal. “Pemanfaatan Petpolis baru di kerabat dan civitas UI,” kata Ahlan pada laman UI.

Ahlan dan tim ikutserta dalam rangkaian program UI Incubate 2023.  Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., menuturkan pentingnya program start-up untuk  membangun semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Inovasi sampo untuk kucing juga datang dari mahasiswa IPB University Khairunnisa, Dwinitha Ayudyah, Akmal Zidan, Vany RMS, dan Ilham Putra bersama dosen pembimbing Dr Burhanuddin.

Shakura –nama inovasi Khairunnisa dan tim—itu  berasal dari bahan alami  seperti air cucian beras, lerak, dan daun rosemary. “Air cucian beras memiliki kandungan inositol yang berpotensi untuk merawat rambut, termasuk rambut pada kucing,” ujar Khairunnisa pada laman IPB.

Ia menuturkan ekstrak daun rosemary mengandung  rosmarinic acid, asam kafeat, dan carnocid acid. Membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan memperbaiki jaringan dan folikel rambut kucing. Adapun ekstrak lerak mencegah masalah kutu pada kucing karena mengandung saponin alami dan antibakteri.

“Shakura merupakan produk sampo kucing praktis yang tidak memerlukan air dalam membilasnya. Produk ini membawa solusi inovatif bagi para pemilik kucing yang ingin merawat kesehatan rambut dan kebersihan hewan peliharaan mereka,” ujar Khairunnisa.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Budidaya Udang Vannamei Superintensif, Padat Tebar Padat Hasil Panen

Trubus.id—Budidaya udang vannamei superintensif  merupakan cara budidaya dengan tingkat kepadatan tinggi mencapai 1.000 ekor per m2 atau rata-rata 370...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img