Saturday, June 22, 2024

Hewan Kurban Berkualitas, Harga Jual Optimal

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Menjelang hari raya idul adha menjadi momen bagi para peternak untuk memasarkan hewan kurban. Menurut dosen Peternakan di IPB University Dr Lilis Khotijah, hewan kurban berkualitas berpotensi meningkatkan harga jual.

Lilis menuturkan peternak mesti menjaga kualitas ternak kurban itu. Misalnya dengan mengetahui persyaratan ternak kurban sesuai dengan syariat Islam. “Domba dan kambing minimal berusia 1 tahun dan sapi minimal berusia sekitar 2 tahun,” kata Lilis.

Selain itu ternak yang diual mesti memenuhi standar Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH). Menurut Lilis peternak juga mesti memahami permintaan pasar hewan kurban sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut ia menuturkan, peternak harus mempertimbangkan asal-usul bakalan ternak. Musababnya memengaruhi biaya pemeliharaan ternak itu.

“Ternak bakalan yang didatangkan dari luar daerah perlu melalui conditioning—fase adaptasi ternak terhadap lingkungan baru, termasuk pemberian pakan dan suhu lingkungan,” kata Lilis dilansir dari laman IPB.

Menurut Lilis waktu pembelian bakalan dan penjualan hewan kurban memengaruhi harga jual. Ia menyarankan membeli ternak jauh sebelum hari penjualan. Tujuannya agar memeroleh laba maksimal.

“Pembelian bakalan ternak terlalu dekat dengan masa  penjualan dapat mengurangi keuntungan peternak,” katanya.

Pada masa pemeliharaan peternak juga mesti memerhatikan kesehatan ternak dan lingkungannya. Misalnya pemberian obat cacing dan vitamin untuk menjaga kesehatan ternak. Ia menuturkan pada bulan pertama pemeliharan ternak dapat diberikan pakan hijauan.

Untuk meningkatkan kualitas ternak dapat diberikan pakan berkualitas. Misalnya menambah pakan sumber energi seperti konsentrat dan vitamin. Penambahan secara bertahap dengan meningkatkan rasio konsentrat ini 1—2 bulan sebelum penjualan.

Ia juga menyarankan agar ternak tetap bersih misalnya dengan dimandikan, dicukur untuk domba, dan pemotongan kuku rutin. “Selain itu, penting untuk dilampirkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai bukti bahwa hewan ternak sehat. Hal itu berpengaruh pada harga jual,” katanya.  Lilis

Ia menyarankan peternak pemula dapat memulai dengan ruminansia kecil seperti kambing dan domba.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Atasi Serangan Kumbang Tanduk dan Rontok pada Bunga Anggrek

Trubus.id—Kumbang tanduk Oryctes rhinoceros kerap membuat para hobiis anggrek geram. Pasalnya, menggerek pucuk bunga dan bagian tanaman anggrek lainnya...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img