Saturday, April 13, 2024

IPS (Indonesia Platycerium Society) Gelar Kontes dan Pameran Platycerium

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pameran dan kontes tanaman hias platycerium berlangsung meriah di Wijaya Garden Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Acara Jagapi Platy yang ke-3 itu itu diselenggarakan oleh Indonesia Platycerium Society (IPS). Komunitas IPS merupakan perkumpulan pecinta tanaman paku-pakuan alias platycerium.

Kontes tanaman berlangsung pada Sabtu, 24 Februari 2024, kemuadian dilanjut dengan talk show dan pameran tanaman platycerium hingga Minggu, 25 Februari 2024. Menurut salah satu juri, Martin “Kontes diikuti oleh 60 peserta”. Jumlah itu terbagi menjadi dua kelas, yakni prospect class contest dan performance class contest.

Semua tanaman diletakkan dalam bingkai papan berukuran 40 cm x 40 cm. Setiap helai daun tanaman menjuntai dan tegak ke atas tanpa bantuan tali. Hampir seluruh tanaman tampil dengan performa terbaiknya.

Ajang kontes itu diikuti oleh pehobi yang berasal dari berbagai kota seperti Bogor, Tangerang, Jakarta, dan Bandung. Salah satu pemenang di prospect class contest, Adi Arab mengatakan “tanaman kontes memang harus diberikan perawatan khusus”. Pehobi yang berasal dari kabupaten Bogor itu meletakkan platycerium klangenanya di dalam rumah tanam.

Daun fertil tanaman milik Adi belum mengeluarkan spora, karena tergolong tanaman remaja. Namun, performa daun sudah terlihat menarik. Harap mafhum jika banyak penggemar platycerium yang datang hanya untuk menyaksikan tanaman tanpa mengikuti kontes.

Menurut pehobi platycerium sekaligus juri kontes, Radius Munarvie “acara ini diselenggarakan untuk mewadahi pehobi”. Pehobi lama dan baru bisa bertukar pengalaman. Selain itu adanya talk show juga bertujuan untuk mengedukasi.

Selaras dengan tema acara yakni “new skool platycerium”. Salah satu pemberi materi di talk show, Nickolaus juga merasa senang dan bersemangat bisa berbagi ilmu. Nickolaus memberi materi dengan tema penggunaan grow ligt untuk merawat tanaman di dalam ruangan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img