Thursday, August 18, 2022

Kembang Jepun Anyar Tampil Menawan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Jenis baru lainnya, hybrid wijaya 2 (HW 2). Bunga terdiri dari 5 daun mahkota yang berbentuk bulat. Susunan daun mahkota bunga jepun—sebutan lain bunga kamboja—itu menyirap, tepi saling menutupi seperti susunan genting, dan terpuntir ke kiri. Sehingga tepi daun mahkota yang sebelah kiri selalu berada di bagian atas menutupi tepi kanan sesamanya. Ukuran bunga sedang, 7 – 8 cm. Ketahanan bunga sama dengan lokal. Satu kuntum mekar 2 – 3 hari. Bunga HW 2 sangat menarik, karena terdapat 3 warna yang berbeda: jingga, kuning, dan merah jambu.

Mahkota 10

Plumeria baru tak hanya monopoli Gunawan. Nun di Kaliurang, Yogyakarta, juga ada Aris Budiman, pemilik nurseri Watu Putih, yang mengoleksi pink pansy. Sosok kamboja kuburan itu mirip HW 2, terdiri dari 5 daun mahkota yang berbentuk bulat dan diameter bunga sekitar 8 cm. Bedanya, pink pansy berkatup, tepi daun-daun mahkota saling bersentuhan tetapi tidak berlekatan. Bunga terdiri dari 2 warna. Kuning mencolok di bagian tengah dan merah muda di bagian pinggir.

Lilawadee baru lain dikoleksi Ubaydillah di Rawabelong, Jakarta Barat. Salah satunya bermahkota 10. Sosok bunga seperti mawar yang sedang mekar, bertumpuk. Ukuran daun mahkota bervariasi, bagian luar besar dan semakin ke dalam semakin kecil. Bunga jepun itu berukuran sedang, diameter hanya 6—8 cm. Kombinasi warna putih dan kuning membuat bunga mahkota 10 lebih memikat.

Ubay memperoleh kamboja kuburan itu dari salah seorang teman asal Bali. Plumeria itu pantas menyemat nama mahkota 10 lantaran dalam satu bunga terdapat 10 daun mahkota. Berikut kamboja-kamboja baru lain yang tak kalah cantik. (Rosy Nur Apriyanti)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img