Thursday, July 25, 2024

Ketua IPBI, Lucia Raras Purwaningrum Ungkap Makna Filosofis Janur Kelapa

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Daun kelapa alias janur sangat lekat dengan budaya bangsa Indonesia. Janur menjadi bagian dari tradisi masyarakat Bali, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua.  Utamanya untuk pelengkap upacara adat dan keagamaan. Janur telah menjelma sebagai simbol perdamaian dan keberagaman di tanah air.

Ketua Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI), Lucia Raras Purwaningrum, mengatakan tidak hanya daunnya saja, setiap bagian dari pohon kelapa memiliki filosofi masing-masing. Selain itu, raras juga menjelaskan morfologi kelapa dari akar, batang, bunga hingga buah kelapa.

Pohon kelapa mempunyai jenis akar serabut yang cukup tebal dan berkayu serta bentuknya berkerumun layaknya bonggol. Akar ini sangat kuat sehingga mampu menopang pertumbuhan kelapa, bahkan kuat untuk menahan terjangan angin.

Batang pohon kelapa berbentuk kayu dengan rongga seperti serabut. Batang ini mampu tumbuh mencapai ketinggian 20 m secara tegak. Pohon kelapa adalah tumbuhan tidak bercabang. Kulit batangnya sangat kasar.

Biasanya, batang pohon kelapa sengaja diberi lubang sebagai tempat pijakan untuk memanjat. Namun, terkadang keberadaan lubang juga dapat terbentuk secara alamiah.

Adapun bunga kelapa termasuk bunga majemuk yang tumbuh di bagian ketiak daun dengan membentuk tandan. Bunga ini berwarna putih agak kekuningan tekstur agak keras yang dilindungi tempurung berbentuk memanjang pada bagian manggarnya.

“Panjang bunga ini bisa mencapai 30 cm hingga 1,5 m,” kata Raras, saat konferensi pers dalam persiapan perayaan Minggu Palma, Jumat.(31/03)

Sementara, buah kelapa berbentuk bulat cukup dan ukurannya cukup. Namun ada juga yang lonjong tergantung pada tiap jenis varietas kelapa. Diameter buah kelapa sekitar 10 hingga 20 cm. Warnanya pun beragam, mulai dari hijau, kuning, oranye atau merah kecokelatan apabila buah kelapa telah tua.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kembangkan Kelapa Genjah Merah Bali, Pekebun Panen Lebih Cepat

Trubus.id—Gede Sukrasuarnaya kesengsem penampilan kelapa genjah merah bali. “Warnanya cantik jingga kemerahan. Buahnya lebih banyak dan lebih besar dibandingkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img