Sunday, July 14, 2024

Alasan Inovasi Teknologi Pertanian Diperlukan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Lahan dan sumber daya manusia yang menggeluti pertanian semakin lama semakin berkurang.AnggotaDewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Marsudi Wahyu Kisworo mengatakan solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan inovasi teknologi alat pertanian.

Alat pertanian yang menggunakan tenaga listrik dan memanfaatkan kecerdasan buatan artificial intelligence (AI). Selain itu, inovasi juga harus mengarah pada smart farming.

Smart farming melibatkan berbagai macam disipiln ilmu, mulai dari IT, elektro, internet of things (IoT), untuk pertanian yang lebih cerdas,” kata Marsudi dilansir dari laman Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Menurut Marsudi, negara eksportir pangan besar dunia tidak selalu negara dengan lahan yang luas. Negara pengekspor pangan seperti Amerika, Serikat, Belanda, Jerman, dan Brazil, memanfaatkan inovasi-inovasi teknologi dalam sektor pertanian.

Mulai dari teknologi hulu hingga hilir, sehingga menghasilkan produktivitas pangan yang tinggi. “Kalau kita punya produksi pangan yang tinggi, kita tidak perlu lahan luas. Namun yang diperlukan adalah teknologi,” tuturnya.

Lebih lanjut Marsudi mengatakan, kehadiran BRIN bertujuan mengonsolidasikan sumber daya iptek, yaitu SDM, infrastruktur, dan anggaran, untuk meningkatkan critical mass, kapasitas, dan kompetensi riset Indonesia.

“BRIN hadir untuk mewujudkan ekosistem riset dan inovasi berstandar global, bersifat terbuka (inklusif) dan kolaboratif bagi semua pihak, baik akademisi, industri, komunitas, dan pemerintah,” paparnya.

Indonesia menargetkan jadi negara maju pada 2045, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita sebesar USD 23 ribu. Sementara pada 2022, PDB per kapita mencapai USD 5 ribu.

Marsudi menekankan cara untuk bisakeluar dari negara dengan pendapatan kelas menegah (Middle income trap/MIT),  yakni dengan menerapkan inovasi. Pondasi ekonomi berbasis riset diperlukan, harus berkesinambungan, dan berfokus pada digital, green and blue economy.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img