Wednesday, September 28, 2022

Kiat Merawat Anggrek Dendrobium Chapra

Rekomendasi

Trubus.id — Anggrek jenis Dendrobium chapra (D. chapra) memiliki penampilan yang memesona. Warna bunga hijau cenderung gelap dengan sedikit flek kuning membuat siapa pun akan terpesona dengan anggrek itu.

Dalam buku Anggrek Spesies Indonesia yang dirilis Kementerian Pertanian Republik Indonesia, disebutkan D. chapra tersebar di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara. Anggrek itu bertipe tumbuh epifit atau hidup dengan cara menumpang pada tanaman lain.

Dra. Rini Pintokowati, pehobi anggrek di Dusun Kepitu, Desa Trimulyo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, itu menyukai D. Chapra karena kesederhanaan bunganya yang autentik.

Rini merawat anggrek cantik itu dengan sepenuh hati. Ia memperhatikan media tanam setiap jenis anggrek. Rini menempelkan anggrek D. chapra pada tanaman buah-buahan seperti mangga.

Ia menggunakan jaring penaung dengan kerapatan 70%. Artinya, jaring hanya meloloskan 30% sinar matahari. 

“Saya ingin membuat Kebun Anggrek Kepitu ini cocok sesuai dengan kebutuhan alami tanaman anggrek,” kata Rini.

Tanaman kerabat vanili itu tumbuh dengan bagus. Itu menjadi penanda kondisi lingkungan sudah cukup mendukung. Rini menyiram anggrek di kebun berketinggian 100–499 m dpl sehari dua kali dengan selang air.

Vitamin B1 juga kerap diberikan. Rini melarutkan satu tutup botol vitamin B1 dalam 14 liter air bersih, mengaduk rata, lalu menyemprotkannya ke sekujur tanaman. Frekuensi penyemprotan dua kali setahun pada Maret dan November.

Dalam benak pikirannya, Rini kerap mengkhawatirkan kelestarian anggrek D. chapra. Harap mafhum, berdasarkan status kelangkaannya D. chapra masuk dalam daftar CITES Apendiks II. Dengan kata lain, anggrek itu hanya boleh diperdagangkan apabila berasal dari hasil perbanyakan dan tidak boleh diambil di alam untuk diperdagangkan.

“Semoga anak cucu kita masih bisa menikmati anggrek-anggrek spesies asli Indonesia,” kata Rini.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img