Saturday, December 3, 2022

Menyembuhkan Asam Urat Secara Mandiri

Rekomendasi

Trubus.id — Gejala klinis asam urat terdiri atas ringan hingga berat. Dikatakan ringan jika gejala yang dialami hanya nyeri. Adapun gejala klinis asam urat berat adalah ketika sendi tidak dapat bergerak. Pasien asam urat bisa mengupayakan untuk sembuh dari asam urat secara mandiri. Kategori sembuh meliputi sembuh total tanpa meninggalkan gejala sisa atau sembuh dengan terkontrolnya asam urat.

Untuk menyembuhkan asam urat, disarankan meminum ramuan herbal serta mengenali penyebab asam urat dan menjaga pola makan sehat.

Konsumsi ramuan herbal

Pasien asam urat bisa secara mandiri membuat ramuan herbal. Bahan-bahan ramuan itu antara lain rimpang temulawak, kunyit, daun meniran, kayu secang, daun tempuyung, dan daun kepel.

Cara mengolah ramuan asam urat relatif mudah. Pasien mendidihkan 5 gelas air dengan api sedang, lalu masukkan sepaket ramuan yang telah disiapkan. Setelah itu, tunggu 5–15 menit dengan api kecil hingga air mendidih dan tersisa 3 gelas.

Minum ramuan tadi sebanyak 2–3 kali sehari selama 1–2 bulan untuk hasil paling optimal. Dua pekan setelah konsumsi ramuan, kadar asam urat akan berangsur turun.

Hindari makanan yang mengandung purin

Asam urat adalah asam berbentuk kristal yang merupakan hasil akhir metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein). Purin salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh.

Cara menurunkan risiko asam urat adalah dengan diet rendah purin. Semua makanan dari sel hidup seperti tanaman atau hewan mengandung purin. Kandungan purin dalam bahan makanan berbeda.

Makanan yang kandungan purinnya tinggi antara lain otak, telur ikan, dan remis. Sementara itu, makanan cukup tinggi purin meliputi daging unggas, kerang-kerangan, dan kacang-kacangan.

Menjaga pola makan rendah purin dan mengonsumsi ramuan herbal adalah kunci sukses terbebas asam urat.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img