Saturday, December 3, 2022

Kunci Sukses Berkebun Durian

Rekomendasi

Trubus.id — Sebagai seorang calon pekebun durian, penting untuk memahami tahapan-tahapan agar sukses mengebunkan durian, hingga mendapatkan untung. Menjadikan ilmu berkebun durian tentu sangat efektif dibandingkan berkebun tanpa dilandasi ilmu. Sandi Caroko, Konsultan Agribisnis Toko Trubus, memberikan kunci sukses berkebun durian.

Persiapan lahan

Menurut Sandi, jika hendak mengebunkan durian, seseorang perlu menyiapkan lahan. Persiapan lahan, tidak hanya sekadar luasan lahan. Akan tetapi, melakukan uji tanah, seperti menguji kesuburan tanah yang akan ditanami pohon durian.

Uji tanah akan berdampak pada proses tahapan budidaya durian selanjutnya yakni perawatan. Jika hasil pengujian menyatakan tanah itu subur, perawatan tanaman durian akan menjadi lebih mudah. Dibandingkan dengan tanah yang kurang subur, tentunya membutuhkan perawatan yang jauh lebih keras.

Uji tanah bertujuan mengetahui kebutuhan tanaman durian. Kebutuhan pupuk seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Ketinggian tempat

Aspek lain yakni memenuhi syarat tumbuh durian. Pekebun perlu memperhatikan lahan yang akan ditanami durian berada di ketinggian berapa meter di atas permukaan laut (m dpl). Sandi mencontohkan, durian musang king bisa tumbuh mulai dari ketinggian 50 m dpl sampai dengan 1.000 mdpl.

Ia menganjurkan jika calon pekebun ingin menanam durian musangking, idealnya kebun berada di ketinggian 300–700 m dpl. Tiap jenis durian mempunyai syarat tumbuh ideal yang berbeda. Pekebun harus mempelajari syarat tumbuh jenis durian yang akan ditanam jika menginginkan hasil optimal.

Iklim

Iklim di suatu daerah akan berpengaruh pada tingkat perawatan tanaman durian yang akan diterapkan. Misalnya, penanaman durian di daerah Bogor akan membutuhkan penyiraman yang lebih sedikit karena iklim atau cuaca di daerah Bogor cenderung dingin atau sering hujan.

Berbeda halnya dengan tanam durian di lahan kering. Pekebun perlu memperhitungkan waktu penyiraman agar kebutuhan air ada tanaman durian tercukupi sehingga pohon durian bisa tumbuh dengan maksimal.

Pemilihan bibit

Pemilihan bibit juga tidak kalah penting. Jika calon pekebun salah dalam memilih kriteria bibit berkualitas, bisa mengakibatkan tanaman gagal tumbuh atau gagal berbuah. Padahal, durian tumbuh sampai berbuah itu membutuhkan waktu hingga lima tahun, jika awal tanam tinggi bibit berkisar 50–60 cm.

Salah satu kriteria bibit berkualitas adalah pilih bibit yang berasal dari pohon induk yang sudah pernah berbuah. Agar tidak tertipu, belilah bibit di produsen atau penjual bibit berkualitas yang dapat dipercaya.

Perawatan

Salah satu kunci sukses berkebun durian adalah perawatan. Perawatan tanaman durian bergantung pada sumber daya manusia atau pengelola kebun.

Pilih pengelola kebun yang minimal suka dengan tanaman dan suka merawat tanaman. Setelah itu, berikan pelatihan pengelola kebun untuk merawat tanaman durian yang baik dan benar, hingga bisa tumbuh, berbuah dan panen.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img