Friday, December 2, 2022

Lou Han Imut Penuh Gaya

Rekomendasi

Lou han yang diberi julukan harta kepala bonggol badan bulat itu memiliki sosok istimewa. Tubuh lou han yang dirilis pada Aquarama 2007 di Singapura tampak kecil tapi kompak. Perbandingan panjang dan lebar tubuh sama, 1:1. Tidak ada kesan kuntet sama sekali. Dengan ukuran panjang dewasa sekitar 12 cm, lou han yang di kontes di tanahair dimasukkan dalam kelas C-kurang dari 18 cm-tampak elegan.

Menurut Tan Seong Choi, manajer BFF, keunggulan lou han itu terletak pada jarak nongnong yang rapat dengan punggung. ‘Itu yang membuat ikan sangat cantik,’ katanya. Dengan jarak rapat itu praktis jika dilihat dari samping ikan seolah memiliki 2 punuk. Namun, dilihat dari depan tampak punuk di punggung lebih dominan.

Mudah mengapung

Lou han turunan ke-6 dari seleksi induk cencu itu berperut melengkung 180?. Walhasil sosok ikan itu secara keseluruhan menjadi bulat seperti koin. Meski demikian lou han tetap dapat berenang stabil dan lincah. Keseimbangan itu muncul akibat seluruh sirip belakang menutup sempurna.

Tubuh kecil ikan pembawa hoki itu mendatangkan keuntungan lain, irit tempat pemeliharaan. Selama ini ukuran akuarium untuk merawat seekor lou han dewasa sekitar 90 cm x 60 cm. Namun, lou han yang sudah memiliki nomor chip 4847130033 itu hanya butuh ruang setengahnya, sekitar 50 cm x 30 cm. ‘Ikan tetap leluasa berenang dan dapat memanfaatkan tinggi akuarium,’ ujar Tan. Dengan tubuh bulat mirip ikan buntal, lou han itu lebih mudah mengapung ke permukaan air.

Kelebihan itu ternyata tak mampu mendongkrak respon dari para hobiis di Aquarama. ‘Apa bedanya ya? Kayaknya sama saja dengan lou han di tanahair,’ kata Indra, pengunjung Aquarama dari Bekasi. Maklum dibandingkan strain cinhua dan kemalau-keduanya berwarna ngejreng dan penuh mutiara-strain lou han itu memiliki corak standar, abu-abu dengan sedikit taburan mutiara. Bahkan marking di tubuh juga tak terlampau solid. ‘Kami sedang membuat versi kemalau, mungkin tahun depan sudah keluar,’ tambah Tan.

Free marking

Peternak di tanahair bukannya tidak mencoba membuat lou han strain baru. Namun, hingga kini jenis yang dihasilkan baru sebatas tahap menciptakan variasi warna baru. Contoh free marking. Sejatinya corak lou han ini didominasi warna jingga kemerahan tanpa mutiara. ‘Yang ini agak lain karena penuh mutiara,’ kata Pujianto, ketua Asosiasi Liga Lou Han Indonesia.

Jenis lain cinhua. Lazimnya corak warna cinhua tampak ngejreng saat ikan berukuran sekitar 15 cm. Namun, cinhua baru pada ukuran 10-12 cm sudah memiliki corak warna yang ngejreng, bahkan totol-totol mutiara lebih tajam seperti kemalau. ‘Kita beruntung indukan terbaik lou han yang berwarna cantik hampir semua ada di sini (tanahair, red),’ tambah Pujianto. Jadi, peternak lokal dapat mencoba membuat variasi warna baru sehingga lou han tampil penuh gaya. (Dian Adijaya S).

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img