Thursday, June 20, 2024

Mencegah Penggabusan dan Pecah Buah Mangga dengan Tepat Nutrisi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Rasa mangga hasil panen hambar menjadi salah satu keluhan petani. Padahal, penampilan mangga itu biasa, tidak ada yang aneh. Namun, di bagian tengah daging buah dekat biji yang menggabus. Hati-hati mangga hambar dapat itu defisiensi nutrisi, khususnya boron dan kalsium.

Gejala kekurangan boron pada daun—terutama daun muda—adalah klorosis. Kekurangan boron pada buah memicu daging buah penggabusan—tekstur mirip gabus. Boron juga berhubungan erat dengan metabolisme kalium dan kalsium

Nutrisi yang pas kunci mencegah penggabusan dan pecah buah mangga. Pascapanen berikan pupuk seimbang lalu ikuti dengan pemangkasan pemeliharaan. Pemberian pupuk seimbang dilanjutkan pada bulan kedua setelah panen.

Berikan pupuk fosfat dan kalium 2:1 pada bulan kelima lalu tunggu hingga berbunga. Selagi bunga sudah menjadi pentil, baiknya dikocor pupuk kalsium dan boron (kalsibor).  Pekebun atau pehobi dapat menyemprot buah dengan pupuk KNO3 dan kalsibor dengan konsentrasi 5 gram per liter 4 kali sebulan.

Bagian tengah daging buah dekat biji menggabus. (Wiwik Wijayanti)

Kendala lain yakni buah pecah. Pemberian pupuk dan penyiraman secukupnya menjadi kunci mencegah pecah buah. Anda dapat memberikan pupuk kalsium teratur, baik saat masa pertumbuhan maupun pembuahan.

Kalsium pada masa pertumbuhan memperbaiki pertunasan dan membentuk tunas baru. Pada pembuahan, kombinasi dengan kalium, nitrogen, dan boron dapat meningkatkan kuantitas dan memperbaiki kualitas buah.

Kasus penggabusan dan pecah buah itu lazim terjadi pada mangga khieo sawoei dan kiojay. Harap mafhum kedua jenis mangga itu bersosok jumbo. Kekurangan nutrisi menyebabkan kematangan pun tidak merata. Kunci menghasilkan buah mangga bercita rasa lezat antara lain kecukupan nutrisi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Budidaya Udang Vannamei Superintensif, Padat Tebar Padat Hasil Panen

Trubus.id—Budidaya udang vannamei superintensif  merupakan cara budidaya dengan tingkat kepadatan tinggi mencapai 1.000 ekor per m2 atau rata-rata 370...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img