Thursday, July 25, 2024

Menguak Bisnis Manis Pepaya Premium

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Pepaya salah satu jenis buah yang digemari masyarakat karena rasanya yang manis tidak masam dan kemudahan mengonsumsi. Sejumlah pekebun juga mencecap bisnis manis pepaya premium.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pun menunjukkan adanya peningkatan konsumsi pepaya per kapita per pekan.  Pada 2019, 70 gram per pekan dan meningkat menjadi 80 gram per pekan pada 2020.

Lonjakan konsumsi per kapita itu juga mendongkrak permintaan buah.  Pekebun di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Ali Imron dan Budi Nurkhoiri, menangkap peluang itu. 

Ali menanam pepaya hawai arum. Ia menuturkan pepaya hawai arum masih sangat prospek. Ali belum sanggup melayani permintaan seorang pedagang di Jakarta yang mencapai 10 ton per hari. Sementara pasokan baru sekitar 50 kg per 5 hari. 

Permintaan jauh melebihi produksi. Andai produksi meningkat 2—3 kali lipat pun masih terserap pasar. Di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Wing Karsagin juga mengebunkan pepaya hawai arum. 

Wing memasok 2—3 ton pepaya hawai arum per pekan dari lahan seluas 15 ha yang tersebar di Kabupaen Tegal, Jawa Tengah dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Hasil panen itu untuk memasok pembeli di Jakarta. “Padahal permintaan bisa 2 ton per hari,” kata pekebun pepaya sejak 2017 itu. 

Para pedagang mensyaratkan buah mulus, tidak cacat, dan berukuran 500—1.000 gram. Buah dengan bobot itu dapat dikonsumi sekali habis oleh seorang. Jadi, konsumen tidak perlu menyisakan potongan untuk hari esok. Artinya buah tetap segar setiap kali konsumsi. Selain itu tingkat kemanisan buah minimal 12obriks

Anda dapat membaca selengkapnya pada majalah edisi 634 September 2022/LIII pada Google Play. yang mengupas tuntas Bisnis Pepaya Premium.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img