Friday, May 24, 2024

Meracik Jamu seperti Kopi di Kafe

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Tren minum jamu di kalangan anak muda tidak sepopuler kopi dan teh.  “Padahal jamu itu bisa kita sajikan dengan citarasa yang enak seperti minuman kafe dan tetap berkhasiat,” kata Apt. Ariel Dwi Puspitawati, S.Si. 

Pemilik kafe jamu di Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, itu ingin mengubah mindset masyarakat terutama generasi milenial dan zenial tentang jamu. Ia pun membuka kafe jamu perdana di Buduran, Sidoarjo, dengan nama Love Jamu pada 2019.

Beragam minuman jamu ala kafe lahir dari racikan tangan Ariel. Sebut saja red lilac miky, loves moreo, yomerindus, mori cacao latte, red mori, dan batata mori latte. Ariel meracik sendiri jamu ala barista. 

Misalnya untuk kunir asam ala barista Ariel mengombinasikan 10 g kunir dan 8 g asam. Pembuatannya sama dengan jamu beras kencur. “Prosesnya sama, 250 ml air seduhan itu dicampur dengan 250 ml susu atau soda,” tutur perempuan yang hobi jalanjalan dan membaca itu. 

Tidak semua rimpang atau herba bisa dicampur bahan tambahan makanan seperti susu atau soda. “Beberapa herbal memang sedikit saja sudah terasa pahit dan memang kurang maksimal khasiatnya jika dibuat ala barista kafe,” tutur alumnus Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, itu. 

Ia menyebutkan bahwa sambilata dan daun sirsak memiliki citarasa yang cenderung langu dan pahit. Kedua herbal itu hanya cocok dikombinasikan dengan kayu manis, lemon, atau serai sehingga kurang cocok untuk di kafe. Lebih lanjut ia menuturkan bahwa herbal sebagai obat tradisional dan sebagai minuman kekinian harus dipisah.

“Kalau untuk pengobatan memang harus optimal senyawa dan khasiatnya. Kalau untuk minuman kekinian atau pencegahan, harus enak dulu tetapi tetap ada khasiatnya meski tidak terlalu banyak,” kata Ariel. 

Ia berharap jamu menjadi lifestyle atau bagian gaya hidup anak-anak muda seperti kopi di kafe dan menjadi minuman sehari-hari masyarakat Indonesia. “Ketika kita bertamu, biasanya disuguhi teh atau kopi. Nah, kenapa jamu tidak?” kata Ariel.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img