Monday, August 8, 2022

Mereka Tanda Cinta

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Mau yang maskulin, berkesan manis, atau bergaya remaja? Ini pilihan rangkaian kembang untuk orang tersayang.

Sang ratu kembang, mawar Rosa sp, telanjur menyandang gelar sebagai bunga lambang kasih sayang. Pantas ketika sebagian orang merayakan hari Valentine pada Februari, bunga yang menjadi lambang kota New York, Amerika Serikat, itu kerap jadi pilihan untuk kado orang tersayang.

Namun, tidak bagi Saepulloh. Perangkai bunga di PT Santini Mitra Amanah itu justru memilih anggrek sebagai tanda cinta. “Selama ini rangkaian valentine menggunakan mawar, lili, maupun tulip. Ternyata anggrek tak kalah cantik tampil sebagai rangkaian valentine,” ungkapnya. Lihatlah rangkaian bunga setinggi 50 cm dengan anggrek bulan sebagai elemen utama. Lima tangkai phalaenopsis black valentine penuh bunga berwarna ungu muda dengan bibir merah menjuntai di sebelah kiri rangkaian.

Kehadirannya diimbangi oleh juntaian tangkai-tangkai anggrek bulan lusia pink berwarna putih berbercak merah di sebelah kanan rangkaian. Di bagian tengah rangkaian Uwo-sapaan Saepulloh-menambahkan daun-daun palem waregu dan andong baby doll yang ditekuk membentuk lengkungan. Sebagai aksesoris ia memanfaatkan kawat bendrat, aluminium berbentuk ulir, batu kerikil, dan buah beri artifisial. Uwo menamai rangkaian anggreknya oriental valentine. Sisi oriental terlihat dari hijaunya daun, ranting, dan manik berwarna merah.

Anggrek

Untuk membuat rangkaian oriental valentine, mula-mula Uwo menyiapkan oasis berukuran sesuai diameter mulut vas kaca setinggi 50 cm. Ia lalu menutup oasis dengan plastik dan merekatkan double tape tempat nantinya merekatkan daun hanjuang dan palem waregu. Selanjutnya Uwo menancapkan anggrek lusia pink dengan posisi menjuntai di sisi kanan; anggrek black valentine di sebelah kiri rangkaian. Di bagian latar perangkai itu meletakkan ranting dan batang berwarna hijau dan merah muda pekat.

Sebagai penyeimbang rangkaian di bagian atas vas yang cukup berat, pria asal Bogor, Jawa Barat itu Uwo memasukkan  batu dan air ke dalam vas kaca. Rangkaian oriental valentine itu cocok diletakkan di meja sudut ruangan. Dalam membuat rangkaian anggrek itu Uwo menerapkan teknik basing dan teracing. Dengan teknik itu muncul kesan bersusun dan padu padan kecil besar di dalam rangkaian. Dimensi bergelombang juga akan terlihat ketika rangkaian dilihat dari samping. Dengan desain matang, Uwo hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk menyelesaikan rangkaian yang tahan simpan di dalam ruangan hingga sepekan itu.

Uwo juga melahirkan rangkaian lain bertema structure valentine. Meski sama-sama berelemen utama anggrek bulan, kedua rangkaian itu tampil beda. Oriental valentine berkesan glamor elegan, structure valentine tampil lebih simpel. Rangkaian valentine tersusun atas bangun berbentuk hati terbuat dari kawat bendrat berwarna merah muda dengan konstruksi abstrak. Pada rangka hati itulah Uwo menyematkan anggrek bulan black valentine dan beri artifisial. Jumlah anggrek sedikit saja supaya kontruksi abstrak tidak tenggelam. “Keindahan rangkaian ini justru terlihat dari sisi abstraknya,” tutur Uwo.

Simpel

Rangkaian valentine nan simpel tapi menawan juga terlihat pada rangkaian karya Lily Sastra di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Pemilik Zantedeschia Florist & Decor itu menyulap mawar menjadi rangkaian valentine yang elegan. “Rangkaian ini cocok untuk remaja,” ujarnya.

Lily menerapkan 3 dimensi yang berbeda pada rangkaian itu. Misal ia menancapkan kuncup-kuncup mawar yang sudah memamerkan mahkota berwarna kombinasi merah muda dan putih pada bagian tepi wadah membentuk hati. Dimensi berikutnya, Lily menancapkan kuncup mawar yang masih diselimuti kelopak bunga berwarna hijau untuk memberikan kesan lebih gelap. Terakhir, sebagai fokus, perangkai itu menancapkan baby rose yang mulai mekar di bagian tengah dengan posisi bunga lebih tinggi daripada kuncup di tepi wadah. Sebagai pemanis, Lily meletakkan pita yang dirempel membentuk  hati di bagian atas. Untuk membuat rangkaian valentine minimalis itu hanya perlu anggaran kurang dari Rp100.000.

Bagi para istri dan perempuan yang ingin memberikan hadiah valentine kepada pasangannya, rangkaian bertema masculin valentine bisa menjadi inspirasi. Lily membungkus sebotol wine dengan kain cantik berwarna ungu muda. Wine bisa diganti dengan sampanye atau sirup. Sebagai penguat kesan maskulin Lily menyematkan pita berwarna merah muda yang dibentuk menjadi dasi. Pada dasi itu ia menempelkan 3 kuntum baby rose pink. Lily juga mempercantik hadiah istimewa itu dengan statice ungu yang dirangkai membetuk hati dan wax flower violet.

Pilihan kombinasi warna ungu dan merah muda juga dipakai oleh Wendy K Mandik AIFD, di Jakarta Pusat, untuk membuat rangkaian valentine. “Ungu dan merah muda merupakan kombinasi analog,” ujar ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral itu. Pada rangkaian bertema sweet valentine itu Wendy menghadirkan carnation berwarna merah muda  dan statice berwarna ungu di atas wadah berbentuk hati. Agar kombinasi warna keduanya semakin menonjol, Wendi meletakkan butir-butir mutiara berwarna putih di atas statis. “Mutiara berwarna putih melambangkan ketulusan,” kata Wendy. Itu kunci saat menghadiahkan kado istimewa bagi orang-orang tersayang. (Desi Sayyidati Rahimah)

Keterangan Foto :

  1. Rangkaian “Oriental Valentine” karya Saepulloh
  2. Hadiah valentine bagi kaum adam karya Lily Sastra
  3. Rangkaian valentine yang simpel dari bunga carnation dan statice karya Wendy K Mandik
  4. Saepulloh membuat rangkaian valentine berbahan bunga anggrek
  5. Rangkaian valentine bagi kaum remaja, cantik dan simpel
  6. Rangkaian “Structure Valentine” menggunakan sedikit bunga agar konstruksinya tidak hilang
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img