Thursday, July 25, 2024

Mesin Perontok Cengkih

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Hirsan Moogangga biasanya memanen bunga cengkih saat siang. Namun, aktivitas pekebun cengkih di Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bosel), Provinsi Sulawesi Utara, itu belum selesai.

Tahap selanjutnya, ia bersama sang istri memisahkan bunga cengkih dari tangkainya saat malam. Harap mafhum bunga cengkih menyusut dan sangat sulit untuk memisahkan dari tangkai jika dibiarkan terlalu lama. Aktivitas itu terus berulang dan melelahkan saat musim panen.

“Biasanya sampai pukul dua pagi kami baru selesai,” kata kepala Sekolah Dasar (SD) 3 Momalia itu.

Rasa lelah itu juga berpengaruh terhadap aktivitas Hirsan ketika mengajar. Kebiasaaan itu tak hanya dilakukan Hirsan, tetapi para pekebun cengkih di Kecamatan Posigadan. Kecamatan itu merupakan penghasil cengkih terbesar di Kabupaten Bolsel.

“Setiap kepala keluarga memiliki kurang lebih 150 pohon cengkih,” tutur Hirsan.

Lazimnya ia memerlukan 10—15 orang tenaga pemetik untuk 150 pohon itu. Pada umumnya 10 pemetik menghasilkan 60 liter bunga cengkih per hari, maka total hasil panen 600 liter bunga cengkih.

“Apabila bunga cengkih dirontokkan oleh 4 pekerja dengan rata-rata 10 liter per jam, maka waktu yang dibutuhkan adalah 12,5 jam,” kata Hirsan.

Hirsan pun berinisiatif menciptakan mesin perontok yang berfungsi untuk memisahkan buah cengkih dari tangkai pada 2019. Keunggulan mesin perontok cengkih itu yakni menghasilkan 150 liter buah cengkih dalam 1 jam.

“Jadi, untuk menghabiskan 600 liter hanya memakan waktu 4 jam,” kata Hirsan.

Artinya ia dan istrinya bisa menghemat waktu 8,5 jam untuk merontokkan bunga cengkih. Hirsan membuat mesin itu 6 bulan setelah melakukan berbagai uji coba.

Ia beberapa kali mengalami kegagalan. Bahkan, ia pernah mengganti 20 liter cengkih milik tetangga karena rusak akibat percobaan itu. “Saya merancang mesin itu dibantu oleh seorang tenaga teknisi, yaitu Ami Nasir,” ujar Hirsan.

Cara menggunakannya gampang. Nyalakan mesin penggerak. Setelah itu perhatikan setiap gerakan mesin perontok, apakah ada hal yang kurang baik atau semuanya sudah berjalan.

Setelah dipastikan semua berjalan baik, masukkan bunga cengkih ke dalam hopper bagian atas. Bunga cengkih yang dirontokkkan minimal berumur sehari sejak pemetikan (pelayuan cengkih).

Pelayuan berfungsi mengurangi getah dan tingkat kepatahan pada bunga cengkih yang dirontokkan memakai mesin. Bunga cengkih yang melewati alat perontok memisahkan bunga cengkih dan batang.

Selanjutnya bunga cengkih melewati saringan yang berfungsi memisahkan batang dan bunga cengkih. Lalu bunga cengkih melalui saringan dan masuk dalam wadah pengumpul, sedangkan tangkai melewati saringan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img