Tuesday, August 9, 2022

Old City Agrofest 2011 Kreativitas dalam Rangkaian Bunga

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Para juri menilai kreativitas para peserta dalam merangkai bungaLomba yang diadakan dalam rangka menyambut ulang tahun Jakarta ke-484 di Taman Museum Sejarah Jakarta, itu diikuti oleh 56 tim PKK dari seluruh Jakarta Barat. Menurut Sriana Hanim, Kepala seksi Ketahanan Pangan Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Barat, lomba merangkai bunga itu bertujuan mengembangkan wawasan peserta dalam penanganan bunga potong serta perlengkapan bunga dengan benar sehingga menghasilkan rangkaian bunga yang sesuai selera konsumen.

Peserta juga diharapkan dapat memahami dan mampu menguasai teknik-teknik merangkai bunga tingkat dasar. “Yang tak kalah penting, lomba ini dapat mendorong peserta untuk dapat mengembangkan profesionalisme dalam wirausaha agribisnis florikultura,” tutur Sriana.

Kreatif

Sebelum lomba dimulai, ketiga juri yaitu Ir Virgilius Chairul Tjhoea dan Fendy dari Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) serta Sunting dari PKK Jakarta Barat memberikan tips-tips merangkai bunga pada semua peserta. Menurut Virgilius, kreativitas menjadi poin penting dalam penilaian lomba itu. “Panitia memberikan bunga potong yang sama pada tiap peserta. Karenanya, kreativitas menjadi kunci,” ujarnya.

Rangkaian bunga karya Tuti, misalnya, tidak menonjolkan unsur bunga yang mendominasi pada rangkaian karya peserta lain. Unsur daun yang terdiri dari dracaena, paku-pakuan, dan sirih belanda tampak lebih mendominasi. Tuti hanya menggunakan beberapa kuntum mawar merah jambu, lily putih dan bunga merak putih Crysanthemum sp sebagai pemanis. Meski minim bunga, toh rangkaian itu tetap indah dipandang.

Kreativitas juga ditunjukkan Yuli Sugiono dan tim PKK Kelurahan Meruya Utara yang memboyong predikat juara ke-2. Bertolak belakang dengan rangkaian Tuti, Yuli justru menggunakan beragam daun dan bunga sekaligus. Namun, semuanya disusun dengan kompak dan nampak serasi. Yuli juga tidak menggunakan aksesori tambahan nonbunga, melainkan hanya pita-pita yang dibuat sendiri dari daun hanjuang dan dracaena.

Peraih juara ke-3, Eniek dan tim PKK Kelurahan Jelambar juga tak kalah kreatif dengan menampilkan rangkaian bunga berbentuk merak. Selain kreativitas, pemilihan jenis dan kesegaran bunga yang digunakan juga menjadi salah satu pertimbangan nilai. Di luar para juara, secara umum rangkaian yang ditampilkan peserta cukup bagus dan kreatif. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang menyaksikan dan mengabadikan karya para peserta.(Tri Susanti)

Previous articleBahan Bakar Perut Sapi
Next articleDari Gurun ke Pot
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img