Saturday, April 13, 2024

Optimalkan Lahan Perkebunan dengan Kelapa Sawit Tumpang Sari Tanaman Pangan (Kesatria)

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto Bersama kelompok Tani Tunas Jaya Raharja di Desa Kerta Raharja, Kecamatan Banjarsai, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengadakan kegiatan tanam padi di kebun sawit pada Kamis 14 Maret 2024.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Dr. Ir. H. Agus M. Tauchid, M.Si., menuturkan bahwa potensi padi Gogo di Banten seluas 30.000 hektare (ha) dengan 12.000 ha berada di Kabupaten Lebak.

Adapun lahan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sekitar 400 ha. Saat ini pihak Dinas tengah mengusulkan 140 ha lahan PSR untuk Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) dan  3.600 ha lahan perkebunan lain.

Kegiatan tanam padi gogo itu pada lahan seluas 3,5 ha pada Kawasan PSR hasil rekomtek tahun 2023 dengan penanaman sawit Desember 2023. Selanjutnya, akan ada percepatan tanam hingga mencapai 12.000 ha secara bertahap berdasarkan pengusulan CPCL.

Kementerian Pertanian (Kementan) tengah gencar mengembangkan program Kelapa Sawit Tumpang Sari Tanaman Pangan (Kesatria). Hal itu upaya mendukung pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Lahan Rawa, Pompanisasi Lahan Tadah Hujan, dan Tumpang Sisip Padi Gogo Tahun Anggaran 2024.

“Program Kesatria ini diharapkan dapat mendukung optimalisasi lahan perkebunan untuk mendukung program penambahan luas tanaman pangan, khsusunya padi gogo,” tutur Heru di lansir pada laman Ditjenbun.

Untuk Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan bertanggungjawab untuk pelaksanaan kegiatan di daerah Provinsi Jambi, Sumatra Selatan, Banten, dan Kalimantan Timur. Heru menuturkan agar hasil tanaman optimal untuk Calon Lahan, minimal memenuhi salah satu persyaratan seperti perluasan areal tanam (PAT).

Hal lain yakni menambah indeks pertanaman dari tahun sebelumnya, budidaya tanaman sehat/ PHT pengembangan Dem Area, lokasi terdampak bencana alam, seperti serangan OPT, banjir, dan kekeringan.

Hal lain seperti antisipasi dampak perubahan iklim ekstrim sekaligus lokasi rawa , tumpangsari atau tumpang sisipadi, tanaman perkebunan hingga lahan eksisting untuk peningkatan produktivitas dan meningkatkan pendapatan petani.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Unik Cara Tanam Stroberi Ala Jepang di Kantung Geotekstil

Trubus.id—Stroberi dapat ditanam di kantung geotekstil. Ram besi berbentuk U menopang kantung-kantung itu ke rangka. Setiap jalinan rangka dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img