Tuesday, November 29, 2022

Pelangi di Daun Aglaonema

Rekomendasi

Perhatian Iwan memang agak berlebihan terhadap yoanna. Meski sebetulnya koleksi-koleksi lainnya tak kalah cantik, misalnya aglaonema berwarna merah ngejreng asal Thailand. Sri rejeki itu mempunyai daun lebih panjang dibandingkan yoanna, sekitar 17 cm. Siamese rainbow ?sebutan aglaonema di Thailand -itu dikoleksi Iwan sejak Maret 2006.

Tanpa nama

Chinese evergreen -sebutan lain aglaonema -baru tak hanya monopoli Iwan. Nun di Sentul Bogor, Trubus juga menemukan aglaonema-aglaonema baru di nurseri Wijaya. Anggota famili Araceae itu tak hanya berasal dari penyilang asal Thailand, tapi juga hasil karya anak negeri, Greg Hambali. Sebut saja widia. Daun tebal dan tegak sebagai penciri hasil penyilang asal Bogor itu. Corak widia seperti batik dengan perpaduan warna merah dan hijau.

Koleksi Gunawan Widjaja, pemilik nurseri Wijaya, lainnya:red imelda, red nora, dan peter pan. Red imelda terlihat anggun dengan perpaduan warna merah muda dan hijau. Sedangkan red nora tampil menarik dengan warna merah di tulang daun. Peterpan didominasi warna hijau sehingga penampilan terlihat macho.

Yellow crown di nurseri Irene milik Harry Setiawan di Kalimalang, Jakarta Timur, juga menambah daftar panjang aglaonema baru asal negeri Gajah Putih yang turut menyemarakkan tren di tanah air. Ia tampil menarik dengan warna kuning menyala di daun muda, meski tak solid. Semakin bertambahnya umur daun, warna kuning perlahan berubah menjadi hijau.

Sementara sri rejeki di nurseri Annisa di Rawabelong, Jakarta Barat, didominasi hibrida-hibrida baru asal Thailand yang masih tanpa nama. Salah satunya aglaonema berwarna merah terang yang baru didatangkan pada April 2006. Meski tanpa nama, toh aglaonema itu tak kalah menarik. Mereka tampil bak pelangi di tengah kota Jakarta. (Rosy Nur Apriyanti /Peliput:Evy Syariefa dan Dian Adijaya Susanto)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Mencetak Petani Milenial, untuk Mengimbangi Perkembangan Pertanian Modern

Trubus.id — Perkembangan pertanian modern di Indonesia harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Dalam hal ini...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img