Thursday, August 11, 2022

Pilihan Jatuh pada Perambat Cantik

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Bunga flame of irian Mucuna bennettii terlihat seperti nyala api dengan warna jingga kemerahan. Bunga tersusun dalam tandan sepanjang 30 – 50 cm dan menggantung dari atap pergola. Bentuk bunga mirip cakar harimau raksasa. Karena itu ia kerap disebut kuku bima atau kuku macan.

Di kediaman Yanti, tumbuhan rambat asal Papua itu rajin berbunga. Setelah semua bunga rontok, kuncup-kuncup bunga mulai bermunculan. Padahal tak ada perlakuan khusus selain rutin menyiram. Jika sedang berbunga, puluhan tandan bunga serempak memamerkan keindahannya. Yang istimewa, bunga awet mekar hingga 3 minggu. Pantas hobiis yang berulang kali menanam aneka jenis tanaman rambat itu akhirnya tertambat pada mucuna. Ia menanam flame of irian pada 2008 dari bibit setinggi 2 m. Tanaman mulai berbunga pada April 2010.

Giok Filipina

Di pergola itu, Yanti juga menanam philippine jade vine. Disebut demikian karena bunga berwarna hijau kebiruan seperti batu giok. Strongylodon macrobotrys itu sekerabat dengan flame of  irian sehingga bentuk bunga mirip new guinea creeper itu.

Menurut Agus Taryat SP, manajer Hortikultura dan Lingkungan Taman Bunga Nusantara (TBN), Cipanas, Jawa Barat, tandan bunga strongylodon bisa mencapai 90 cm. Di TBN, tanaman yang tumbuh di dataran sedang hingga tinggi pada ketinggian minimal 750 m dpl itu ditanam sejak 1994. Sayang, bunganya tak seawet flame of irian. “Paling hanya tahan sekitar seminggu,” ujar Yanti.

Menurut Agus, tayabak – sebutan di Filipina – pertumbuhannya lambat. Tanaman asal biji baru berbunga pada umur 5 tahun. Jika diperbanyak dengan setek, bunga muncul pada umur 2,5 – 3 tahun. ”Strongylodon berbunga 2 – 3 kali dalam setahun,” tutur Agus. Untuk memacu pertumbuhan 5 kg pupuk organik atau kandang setiap 4 bulan. Setiap bulan berikan pupuk NPK seimbang. Bunga yang menggantung itu disukai kelelawar jenis tertentu. Mereka meminum nektar bunga sambil menggantung.

Hari Harjanto, perancang taman di Depok, Jawa Barat, menuturkan sejak 2 tahun belakangan tanaman rambat untuk pergola kembali banyak diminati para hobiis. ”Mereka ingin menciptakan suasana teduh di halaman tanpa harus menanam pohon besar,” katanya. Lihat saja halte kereta mini di TBN yang teduh diselimuti Congea tomentosa alias shower orchid asal India.

Tanaman rambat juga digunakan untuk melunakkan kesan kaku di pilar beton atau tiang penyangga. Trubus menyaksikannya di kediaman Setyo Mardanus di Semarang, Jawa Tengah dan sebuah bangunan di Barcelona, Spanyol. Di kediaman Setyom tanaman rambat tumbuh menjalar menyelimuti tiang beton yang menopang atap garasi.

Markisa

Selain mucuna dan strongylodon, keluarga markisa alias Passifloraceae bisa juga menjadi pilihan untuk menghias pergola. Dari 530 spesies yang termasuk dalam keluarga itu, sebagian besar berbunga cantik. Sebut saja Passiflora quadrangularis alias giant granadilla asal daerah tropis di Amerika seperti Brasil dan Venezuela. Menurut Hari quadrangularis tergolong baru di tanahair sehingga belum banyak dijumpai di kalangan hobiis. Penampilan bunganya sangat atraktif. Mahkota bunga ungu kemerahan dan corona ungu bergaris putih. Yang istimewa, diameter bunga bisa mencapai 12 cm. ”Selain menjadi tanaman penghias pergola yang cantik, buah quadrangularis pun bisa dijadikan jus,” kata Agus.

Jenis passiflora lainnya adalah si bunga ungu kebiruan yang didatangkan Hari setahun silam. Bunganya tak kalah jumbo. Diameter bunga lebih dari 10 cm. Diduga passiflora itu bernama blue-eyed susan. Ia merupakan persilangan antara P. incarnata dengan P. edulis dan P. cincinnata. Passiflora itu adaptif di dataran rendah dan rajin berbunga,” ujar Hari. Bunganya wangi sehingga dapat mengundang kupu-kupu datang. Ia juga gampang berbunga.

Jenis lain, yaitu P. coriacea asal Mexico memiliki daya tarik pada daunnya yang berbentuk mirip sayap kelelawar. Karena itu ia dijuluki bat-leaved passion flower. Mereka siap mempercantik pergola. (Tri Susanti/Peliput: Herdita Ardiana)

Previous articleTomat Bebas Kebul
Next articleBonsai Landepan Terbaik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img