Saturday, August 13, 2022

Bukan Ranting dan Daun Biasa

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Rangkaian bertema Imlek, kehadiran ranting Salix sp memperbesar volume rangkaianKontingen asal Jawa Tengah, peserta terbanyak pada acara Sosialisasi Uji Kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral 2 Maret 2011 di JakartaRangkaian untuk sepasang pengantin, sulur ivy yang dibentuk hati memperkuat temaRangkaian bertema tahun baru, gulungan daun cordilyn senada dengan ritme dan repetisi bentuk-bentuk bulat rangkaianPemilihan bunga berwarna putih dan daun hijau disesuaikan dengan tema white christmasRanting salix berwarna cokelat yang mirip tanaman mati itu menjadi “hidup” dengan paduan bunga heliconia sexy pink yang ditata menjuntai di atasnya. Kehadiran ranting juga memberi efek memperbesar volume rangkaian. Di bagian depan, setangkai “bunga” jahe-jahean Tapeinochilos annanassae berwarna merah marun kecokelatan terlihat menonjol. Seludang bunga indonesia wax ginger itu menumpuk-numpuk membuat susunan seperti buah nanas.

Warna bunga jahe itu senada dengan daun hanjuang yang dipakai sebagai latar rangkaian. Warna marun kecokelatan daun Cordilyn sp juga sedikit “meredam” dominasi warna merah pada rangkaian khas menyambut Imlek itu. “Sekarang ada tren penggunaan materi lokal yang belum pernah dipakai sebelumnya,” kata Diniwati Abidin, pengusaha bunga potong di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Terung susu

Dini menunjuk bunga anggota famili Zingiberaceae, daun cordilyn, dan ranting salix itu. Harap mafhum sebelum era 2000-an rangkaian bunga, ya didominasi bunga-bungaan yang banyak diimpor. Meski porsi bunga menyusut, toh keindahan rangkaian tidak berkurang.

Tengok saja rangkaian bunga bernuansa hijau yang dipamerkan di acara Sosialisasi Uji Kompetensi yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral pada 2 Maret 2011 di Jakarta Design Center, Slipi, Jakarta Barat. Batang bambu rejeki Dracaena sanderiana yang daunnya dipangkas habis menjadi frame pada rangkaian bertema Idul Fitri itu. Sehelai daun Phormium lenax menutup salah satu sisi frame.

Untuk melunakkan kesan kaku bingkai, dirambatkanlah sulur-sulur ivy beauty variegata. “Nuansa lebaran biasanya diperkuat dengan pemilihan materi berwarna hijau dan kuning,” tutur Teresa maria Ineke Turangan AIFD, perangkainya. Pada rangkaian itu warna hijau hadir lewat daun hanjuang berkelir hijau kuning dan anthurium bunga berwarna hijau. Sementara warna kuning lembut disumbang oleh kembang jahe-jahean spectabilis kuning dan buah terung susu Solanum mammosum. Aksesori penguatnya, 3 buah ketupat kain di salah satu sisi frame.

Helai-helai cordilyn juga dipakai dalam rangkaian bertema tahun baru. Daun-daun hanjuang merah marun kecokelatan yang panjang melebar digulung sehingga menjadi lebih kompak, menyesuaikan dengan ritme dan repetisi bentuk bulat pada rangkaian itu. Hanjuang berdaun besar itu lazimnya dipakai sebagai tanaman taman. Daun andong yang sudah dimodifikasi dengan teknik gulung itu berpadu-padan dengan bunga-bunga mawar yang disatukan dengan teknik binding—bersatu seperti memakai cincin. Aksesori bola-bola berbahan rotan memperkuat repetisi itu.

Pakai aksesori

Menurut ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral, Wendy Kartini Mandik AIFD, rangkaian bunga tematis seperti di atas termasuk ke dalam jenis rangkaian untuk kiriman. “Rangkaian kiriman biasanya berukuran tidak terlalu besar sehingga bisa diantar dengan mobil, diletakkan di atas meja si penerima rangkaian, dan tematis disesuaikan dengan maksud rangkaian itu dikirim,” kata Wendy.

Rangkaian kiriman biasanya banyak menggunakan aksesori, mencapai 20% dari seluruh porsi rangkaian. Misal penggunaan bola-bola pada rangkaian bertema natal, atau sepasang boneka untuk rangkaian sebagai hadiah bagi sepasang pengantin. Pemilihan materi dan warna biasanya disesuaikan dengan tema.

Pada rangkaian Valentine misalnya, dipilih materi dan aksesori bernuansa merah, merah muda, atau berbentuk hati. Sementara untuk rangkaian dukacita didominasi materi berwarna ungu dan putih dengan aksesori lilin, misalnya. Kini pilihan materi itu tidak melulu bunga, tapi juga daun, buah, dan ranting. (Evy Syariefa)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img