Sunday, June 16, 2024

Rangkaian Bunga Tahan 5 Tahun

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Mawar aneka warna—putih, merah jambu, dan hijau terangkai amat apik dengan anyelir hijau dan merah jambu. Di rangkaian itu ada juga baby’s breath dan daun asparagus bintang. Rangkaian itu berada di atas bola-bola rotan.

Sang perangkai, Nowo Endah, menata satu per satu flora di atas bola rotan tanpa bantuan floral foam. Ia menyusun setiap materi sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tatanan ritmis dan warna yang harmonis.

Di beberapa titik rangkaian, Nowo Endah meletakkan hiasan berupa mutiara. Melihat keindahan rangkaian itu, sekilas materi flora yang digunakan berasal dari bunga-bunga segar. Padahal, hasil karya perangkai bunga di Jakarta Timur itu berasal dari bunga segar yang diawetkan (bunga awetan alias preserved flower).

Wendy K. Mandik, Nowo Endah, dan Ratih Suryandari (kiri ke kanan) bersama dengan rangkaian bunga karya mereka. (Trubus/ Dede Rizky)

Keuntungan merangkai preserved flower yakni perangkai tak perlu khawatir kesegaran bunga karena pasti lebih tahan lama dibandingkan dengan bunga segar.

Lima tahun

Nowo Endah menuturkan, preserved flower berbeda dengan dried flower (bunga kering) maupun artificial flower (bunga tiruan). Preserved flower merupakan bunga segar yang diawetkan dengan teknik tertentu.

Pemakaian bunga awetan di tanah air masih sedikit lantaran ketersediaannya pun terbatas. Sementara dried flower merupakan bunga segar yang dikeringkan. Adapun artificial flower adalah bunga tiruan.

Bentuk dan warna bunga preserved flower serupa bunga segar.(Trubus/M. Basya Z.)

Sejumlah penikmat rangkaian bunga mulai melirik preserved flower karena tahan lama. Keunggulan lain yakni warna bunga cerah dan memiliki tekstur serupa bunga segar. Penampilan bunga pun estetis. Namun, bunga awetan tidak memiliki aroma. Bisa dibilang merangkai bunga awetan cukup mudah.

Wendy K. Mandik juga memanfaatkan preserved flower. Perangkai bunga di Jakarta Timur itu memilih bunga awetan untuk membuat buket tangan dengan kelir putih dan hijau. Buket sederhana nan cantik itu tersusun dari mawar, mawar mini, seruni, anyelir, dan solidago.

Buket bunga dengan kelir paduan hijau dan putih karya Wendy K. Mandik.(Trubus/ Dede Rizky)

Wendy menambahkan daun eukaliptus untuk memberikan kesan segar pada rangkaian. Hasilnya adalah buket bunga nan elok dengan kesatuan warna menarik

Wendy menuturkan, pembuatan buket tangan menggunakan preserved flower sama dengan pembuatan buket dari bunga segar maupun kering. Namun, bunga awetan memiliki tangkai pendek sehingga perangkai perlu menambahkan kawat supaya tangkai bunga memanjang.

Dengan begitu buket nyaman saat dipegang. Wendy menyusun materi flora menjadi bentuk cascade. Ciri cascade adalah buket berbentuk melengkung ke bawah.

Bunga abadi

Penggunaan bunga yang diawetkan terbukti mampu melahirkan rangkaian tak kalah menawan dengan bunga asli. Oleh sebab itu, Ratih Suryandari pun tertarik pada preserved flower. Ia membuat rangkaian sederhana penghias meja tamu.

Rangkaian bunga dari preserved flower penghias meja karya Ratih Suryandari. (Trubus/ Dede Rizky)

Ratih menggunakan papan kayu silinder yang dilengkapi dengan floral foam untuk menancapkan materi flora. Ia memilih bunga mawar dan anyelir dengan warna senada yakni merah jambu. Materi lainnya berupa hortensia, solidago, dan asparagus bintang.

Rangkaian itu tercipta dari teknik merangkai yang sangat sederhana. Ratih mengadopsi teknik merangkai bentuk bulat. Perangkai yang juga berprofesi sebagai dokter gigi itu menyempurnakan rangkaian dengan menambahkan mutiara.

Ia lantas menyelubungi rangkaian dengan kubah dari kaca bening. Ratih menuturkan, selain berfungsi sebagai penghias meja, rangkaian itu juga digunakan sebagai cendera mata.

“Bisa dibilang rangkaian preserved flower merupakan tanda kasih abadi yang keindahannya bisa dinikmati dalam waktu lama,” kata Ratih.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berniaga Bibit Buah Naga, Pekebun di Subang dapat Cuan Puluhan juta

Trubus.id—Dedi Sumardi selalu kebanjiran pesanan ribuan bibit buah naga. Total sekitar 2.480 batang bibit yang terjual dalam sebulan.  Ia...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img