Friday, September 22, 2023

Segudang Manfaat Tanaman Kina untuk Kesehatan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Wisnu Sucahyo rutin mengonsumsi minuman botanikal berkarbonasi 3 kali sepekan. Kebiasaan itu dilakukan ketika kurang tidur saat malam dan mesti beraktivitas pada siang keesokan harinya.

Kebiasaan baru itu Wisnu terapkan sejak menjadi Direktur Utama PT Sinkona Indonesia Lestari pada medio 2022. Ia meminum sekaleng minuman bervolume 330 ml yang dingin itu setelah berolah raga dan sarapan.

Cita rasa minuman bikinan perusahaan produsen minuman ringan dunia itu agak pahit dengan sisa rasa (after taste) manis. Musababnya salah satu bahan baku produk itu kulit batang kina (Chinchona spp.).

“Saya mengonsumsi produk itu sejak mengetahui kina dipakai tonik. Bisa untuk menguatkan jantung, bukan memacu jantung,” kata mantan General Manager Pengembangan Bisnis PT Kimia Farma Tbk itu.

Kandungan kulit batang kina dalam minuman ringan itu berasal dari PT Sinkona Indonesia Lestari. Emilio L. Ghisalberti dan rekan dari Department Chemistry, The University of Western Australia menyebutkan bahwa senyawa kinidin (quinidine) dalam kulit batang kina merupakan agen antiaritmia yang memadai.

Antiaritmia merupakan golongan obat yang digunakan untuk pasien yang mengalami gangguan irama jantung (aritmia). Tidak hanya berfaedah untuk kesehatan jantung, beberapa khasiat kulit batang kina lainnya yaitu antioksidan dan antikanker.

Dahulu hingga kini kulit batang kina identik dengan obat malaria, tetapi itu dahulu. Kini beragam penelitian menunjukkan bahwa kina (Chincona sp.) memiliki beragam khasiat kesehatan.

Ternyata tidak hanya kulit batang kina yang berfaedah. Bagian tanaman lain pun seperti daun memiliki manfaat kesehatan. Hariyanti dari Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung, merangkum beberapa penelitian yang menunjukkan peran kina sebagai antikanker, antioksidan, antidiabetes, antimikrob, dan antivirus.

Senyawa utama dalam kina yaitu sinkonin (cinchonine), sinkonidin (cinchonidine), kuinin (quinine), dan kinidin (quinidine) berperan pada khasiat kesehatan itu. Menurut Direktur PT Sinkona Indonesia Lestari, Yogi Subaktyana, kina menjadi bahan baku obat kram kaki di negara-negara Skandinavia.

Herbalis di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ujang Edi, mengatakan, kulit batang kina juga untuk kebugaran tubuh, melancarkan aliran darah, dan menjaga kesehatan ginjal.

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Menteri Teten Dorong Hilirisasi Bawang Merah Brebes

Trubus.id— Pengembangan produk turunan bawang merah menjadi salah satu solusi mendorong kesejahteraan petani dan usaha kecil menengah (UKM) di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img