Sunday, June 23, 2024

Strategi Memanen Buah Durian Legit

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pekebun durian terkadang mendapati daging buah durian mengkal. Rasanya pun hambar.  Menurut ahli buah di Bogor, Prof. Dr. Ir Sobir buah durian mengkal terjadi karena tanaman kekurangan kalsium. Biasanya terjadi karena pekebun hanya memberi pupuk NPK.

Ia menuturkan pemberian kalsium amat jarang menyebabkan nutrisi itu habis terserap tanaman. Faktor lain ialah pH tanah rendah. Sobir menyarankan memberikan kapur pertanian ke pohon durian. Berikan saat tanaman mulai berbunga ke dekat akar.

Caranya, gali tanah di bawah pohon lalu taburkan kapur pertanian, lalu tutup kembali. Pekebun durian mesti memperhatikan lokasi, cara budidaya, panen, dan pascapanen. Pilihan lokasi, misalnya, amat penting berkaitan dengan jenis durian. Ada durian yang adaptif di lingkungan tertentu.

Pakar durian dari Malaysia, Dr. Abdul Aziz Zakaria, mencontohkan durian monthong tidak cocok ditanam di daerah yang mengalami kekeringan 3 bulan atau lebih. Ia pernah mengalaminya saat menanam monthong di Kelantan, Malaysia. Rasa monthong di kebunnya tidak enak, yakni buah tidak mau matang.

Selain itu, faktor ketinggian berpengaruh pula pada kualitas buah uah. Mantan dosen di Universitas Putra Malaysia, Kualalumpur, Malaysia, itu mencontohkan kualitas buah durian musang king di Pahang dan Penang, berbeda nyata.

Pahang di dataran rendah menghasilkan rasa durian lebih pahit dan beralkohol. Adapun Penang terletak di daerah tinggi menghasilkan durian lebih manis, kering, dan warna lebih kuning. Pemilihan varietas juga menjadi pertimbangan utama calon pekebun.

Mereka memilih varietas yang terbukti adaptif dengan lokasi kebun. Sejauh ini, monthong, chanee, dan musang king terbukti dapat berbuah di berbagai daerah di Indonesia. 

Beberapa kriteria buah dan tanaman yang menjadi dasar pemilihan ialah daya adaptasi, rasa, daya tahan buah, ketebalan dan warna daging, serta berserat atau tidak. Menurut Aziz Zakaria buah ukuran besar cenderung berserat dagingnya.

Setelah menetapkan varietas, selanjutnya menyiapkan bibit. Pakar durian itu menyarankan memanfaatkan bibit hasil sambungan (grafting) berketinggian 1 m di atas tanah.

Batang bawah dari biji tahan terhadap serangan penyakit kanker batang. Dengan menyambung entres di batang yang agak tinggi membantu menghindari serangan penyakit tular tanah seperti fusarium dan phytophthora.

Menurut Sobir, penyebab kanker batang adalah Phytophthora infestans. Gejala serangan penyakit itu adanya lubang di batang yang kemudian mengalir cairan berwarna merah muda. Untuk mengatasi serangan kanker batang, pekebun harus mengorek luka itu hingga bersih.

Setelah itu lamuri batang dengan bubur bordo hingga ketinggian 1m di atas permukaan tanah. Bila kanker batang bersamaan dengan kasus buah mengkal, maka kanker batang harus diatasi terlebih dahulu.

Setelah sembuh, berikan kalsium kepada tanaman. Menurut Sobir tanaman yang terserang kanker batang tidak boleh diberikan kapur karena kontra indikasi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kura-kura Hibrida Unik Bikin Harga Melejit

Trubus.id—Kura-kura hibrida redcata milik William Albert amat seronok, meski terlihat dari jauh. Warnanya yang terakota terang dan berpadu garis...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img