Monday, August 15, 2022

Surga Tulip Siam di Negeri Ratu Wilhelmina

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Siam scarletCurcuma alismatifolia, asal Thailand yang sekarang jadi komoditas ekspor BelandaPanorama di nurseri KP Holland itu sungguh memanjakan mata. Sejauh mata memandang terhampar rumpun-rumpun kurkuma yang tengah memamerkan bunga. Di salah satu blok kurkuma berbunga merah marun yang tengah bermekaran, di blok lain berbunga merah muda, putih, dan paduan merah muda cokelat putih.

Beberapa pekerja terlihat tengah memanen tangkai-tangkai kurkuma. Mereka mengumpulkan bunga dalam wadah-wadah plastik untuk dipasarkan sebagai bunga potong. Di sudut terpisah, pekerja lain membariskan deretan pot-pot berisi minimal empat rumpun kurkuma yang juga tengah berbunga. Pot-pot itu nantinya sebagai penghias ruang dalam rumah dan perkantoran.

Tulip thailand

Berbagai sumber menyebutkan kurkuma berasal dari daerah tropis Asia seperti Thailand, Myanmar, India, dan Indonesia. Namun nyatanya, anggota famili Zingiberaceae itu tumbuh dengan baik di Belanda dan menjadi salah satu tanaman hias ekspor. Saat ini KP Holland satu-satunya nurseri yang membudidayakan kurkuma secara profesional dalam skala massal.

Itu bermula pada 15 tahun silam ketika Jap van der Knaap, pendiri nurseri, berkeliling dunia untuk mencari tanaman hias potensial. Dari perjalanan ke Asia ia menemukan Curcuma alismatifolia. Sosok bunga kurkuma asal Thailand itu memang mempesona sebagai bunga potong dan tanaman dalam pot. Kelopak bunga tersusun laksana mahkota lotus dengan warna beragam: ungu, putih, merah muda, hingga kuning. Tangkai bunga tegak lurus, daun lanset nan hijau. Sebagai bunga potong keindahan bunga kurkuma dapat dinikmati hingga 3 minggu. Jap pun akhirnya memboyong tulip siam itu—sebutannya—ke Belanda.

Jap dan sang istri, Marijke, menyeleksi, menyilangkan, dan memperbanyak tanaman-tanaman induk itu dengan umbi, biji, dan teknik kultur jaringan. Lahirlah varietas-varietas baru yang pertama kali diperkenalkan pada 1998—disebut seri siam. Sekadar contoh siam striking berbunga ungu dengan tinggi tangkai 40 cm, siam silver berbunga putih setinggi 50 cm, siam scarlet berbunga ungu besar setinggi 80 cm, dan siam sparkling berbunga paduan putih, cokelat, merah muda yang jangkung 70 cm. Bahkan ada beberapa jenis yang tangkai bunganya bisa sepanjang 1 m. Sementara warna kuning diwakili oleh varietas siam citrone. Total jenderal ada delapan jenis kurkuma untuk bunga potong dan delapan jenis untuk tanaman pot.

Intensif

Tulip-tulip siam itu ditanam dalam pot-pot di bawah naungan greenhouse seluas total 15 ha. Penanaman dengan bibit hasil kultur jaringan dilakukan pada saat negeri Bunga Tulip memasuki musim semi yaitu Februari—Mei. Mafhum, kurkuma membutuhkan banyak sinar matahari supaya tumbuh baik. Bibit ditanam di dalam tray dengan 84 atau 104 lubang menggunakan media porous.

Minggu pertama pascatanam kelembapan udara disetel di atas 90% pada siang dan malam hari. Untuk mencapai kondisi kondisi itu tray-tray disungkup menggunakan semacam tenda plastik di dalam greenhouse. Satu dua minggu kemudian lubang di tenda plastik dibuka. Barulah pada pekan ketiga plastik  dibuka seluruhnya. Tanaman ditumbuhkan di tray hingga tiga minggu berikutnya. Kelembapan diatur pada 70—85%, suhu 24—28oC.

Pada saat berumur lima-enam minggu setelah tanam itulah tanaman-tanaman muda dipindahkan ke pot berukuran lebih besar, diameter 12—14 cm. Dengan menggunakan ukuran pot itu setiap meter persegi nurseri mampu menampung 50 tanaman. Setiap pot dilengkapi jarum irigasi tetes tempat mengalirkan air dan pupuk secara otomatis setiap hari.

Delapan minggu berikutnya tanaman kembali berpindah ke pot lebih besar sehingga dalam setiap meter persegi hanya diisi 20—25 tanaman. Duabelas minggu kemudian atau 20 minggu setelah tanam bunga-bunganya yang elok muncul. Saat itulah, dimulai Mei hingga Oktober, tangkai-tangkai bunga siap dipanen. Pot-pot berisi bunga bermekaran siap dikemas. Memasuki musim dingin ketika hari terang di bawah 12 jam, daun menguning dan gugur. Tanaman pun mengalami dormansi alias dalam kondisi tidur.

Lelang

Bunga-bunga potong dan pot plant yang sudah “dipanen” ditata dalam rak-rak khusus untuk dibawa ke pasar lelang. Dari pasar itulah tulip-tulip siam dari KP Holland yang kini dikelola oleh Leo van der Knaap, putra Jap, menembus negara-negara Eropa lain dan seluruh dunia. Total jenderal setiap tahun nurseri yang juga membudidayakan spathipyllum, anthurium, dan kalanchoe itu memproduksi 1,5-juta bibit kurkuma. Sebagian ditanam sendiri sebagai bunga potong di greenhouse seluas 4 ha, sisanya dikembangkan oleh 7 nurseri pembesaran yang menanam kurkuma untuk pot plant.

Di tempat tujuan, tangkai-tangkai kurkuma berbunga dijadikan rangkaian bersama mawar dan lily. Pot plantnya diletakkan di atas meja atau selasar di dekat jendela sebagai pemanis ruangan. Meski menyandang nama siam, justru dari Holland tulip siam mendunia. ***

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img