Wednesday, September 28, 2022

Tiga Bunga Pacar Air Cantik untuk Hiasan Taman

Rekomendasi

Trubus.id — Bagi Anda yang sedang mencari tanaman hias untuk taman, tiga varietas bunga pacar air ini bisa menjadi pilihan. Tiga varietas itu antara lain impatiens tara agrihorti, impatiens impala agrihorti, dan impatiens imadata agrihorti.

Sejatinya, ketiga varietas baru tadi merupakan keturunan impatiens asli Indonesia, dengan induk pejantan Impatiens platypetala (I. Platypetala).Pacar air endemik Pulau Sulawesi itu tahan kekeringan sehingga tidak membutuhkan banyak air. Adapun impatiens biasa perlu banyak air sehingga akan menghadapi kendala saat musim kemarau.

Kekurangan pada I. Platypetala adalah memiliki ukuran bunga kecil sehingga tidak menonjol. Untuk mengatasi kekurangan itu, Dr.Ir. Suskandari Kartikaningrum, M.P., dan rekan, pemulia tanaman hias di Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), menyilangkannya dengan Impatiens hawker asal Papua pada 2017. I. hawker sudah dikenal sebagai indukan unggul.

“Umur hawker singkat karena tunasnya tidak banyak. Berbeda dengan I. platypetala yang bisa menghasilkan 7 tunas sehingga umurnya bisa sampai setahun dengan bunga mekar sepanjang tahun,” kata Suskandari.

Hasil persilangan I. platypetala dengan I. hawker mulai beredar di masyarakat melalui PT Bina Usaha Flora pada akhir 2021. Adapun pemasaran di mancanegara melalui perusahaan benih asal Jepang, Sakata.

Berikut ini kelebihan pacar air rakitan Balithi.

Tara agrihorti

Varietas tara agrihorti berbunga indah karena memiliki kelir bunga dwiwarna, yaitu putih dan merah muda.

Impala agrihorti

Impala bersosok kompak dan berbunga lebat. (Trubus/Dok. Balithi)

Varietas impala agrihorti juga tidak kalah menarik. Ia sangat menonjol karena bunganya berwarna merah-jingga cerah. Bunganya tidak serimbun yang lain, hanya 7–28 kuntum. Itu karena sosok tanaman juga pendek berkisar 21–36 cm.

Imadata agrihorti

Impatiens imadata sangat produktif. (Trubus/Dok. Balithi)

Imadata agrihorti berbunga merah muda gelap dengan kotak antera putih semburat merah muda di tengah bunga. Diameter bunga 4,33–4,70 cm. Bunga rimbun mencapai 38–123 kuntum.

Menurut Suskandari, ketiga varietas pacar air tersebut sama-sama tahan kekeringan. Artinya, sangat cocok tumbuh di daerah yang memiliki musim kemarau lebih panjang. Mereka tetap tampil sehat dan menawan saat musim kemarau. Keistimewaan itu tidak dimiliki jenis lama yang sangat gampang layu saat kekeringan, kemudian mati.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img