Wednesday, April 17, 2024

Tip Aglaonema Prima Tak Pudar dan Tegak

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bila mendapati daun aglaonema tiba-tiba tampak pudar tak perlu gusar. “Itu gejala akar tidak sehat,” kata Wisnu Ramayandi, kolektor aglaonema di Bandung, Jawa Barat. Ia lantas merendam tanaman beserta pot dalam ember berisi air dengan campuran fungisida.

Perendaman hanya sebatas bibir pot selama satu menit. Cara itu cukup jitu sebab keesokan hari gejala daun memudar berhenti. Sang ratu pun kembali bersinar.

Selain itu, aglaonema dewasa berdaun rimbun dan kompak memang sangat indah. Namun, keindahan itu rusak bila daun rebah karena tangkainya tidak mampu menahan bobot daun yang tumbuh meninggi. Indri Greg Hambali di Bogor punya cara untuk mengatasi hal itu.

Pada setiap pot berisi tanaman ditancapkan 1—2 plastik penyangga setinggi 30 cm di antara daun-daun aglaonema. Plastik penyangga tipis tapi cukup kuat untuk menopang daun. Warnanya merah hati dan hijau sehingga sekilas seperti bagian dari dedaunan. Dengan begitu, aglaonema tampil memikat.

Tip lain agar aglaonema tetap tegak yakni dating dari Harry Setiawan. Pemilik Irene Flora punya cara jitu dan aman untuk mengatasinya. Tancapkan sedotan plastik di pinggir pot sebanyak 2—3 buah.

Lalu ikat dengan tali mengelilingi daun aglaonema. Lakukan perlakuan tersebut selama 2—4 minggu. Hasilnya aglaonema Anda tetap tegak dan segar sama seperti sebelum dipisahkan.***

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peternak di Kabupaten Magelang Sukses Silangkan Ayam Poland

Trubus.id—Penggemar ayam poland di Indonesia berasal dari berbagai daerah. Alasannya karena sosok ayam poland sangat unik. Muhammad Doni Saputra...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img