Thursday, July 25, 2024

Tip Kulit Wajah Antikusam dan Kembali Cerah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Menjaga kesehatan kulit amat penting.  Herbalis dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Valentina Indrajati, menganjurkan beberapa cara untuk mencegah kerusakan dan menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

“Usahakan rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar sebagai sumber antioksidan alami dan sumber nutrisi bagi kulit,” kata Valentina.

Salah satunya dengan mengonsumsi lemon dengan infused water.  Peras biasa, dan basuhkan ke kulit tubuh. Upaya itu membantu memperbaiki kualitas kulit. Menurut dokter spesialis kulit di Surabaya, Jawa Timur, dr. Avril Novianto, Sp.KK. secara empiris banyak orang yang merasakan khasiat buah bercita rasa masam itu.

Dalam air lemon banyak mengandung vitamin C, Alpha Hidroxy Acids (AHA), dan senyawa antioksidan. “Antioksidan dan vitamin C pada lemon dapat mengangkat sel kulit mati, meregenerasi sel kulit baru, mengembalikan kesegaran, dan kelembapan kulit,” kata Avril.

Sementara AHA berperan membuka pori-pori kulit yang dapat merangsang dan mempercepat pembentukan sel kulit baru dan dapat meningkatkan kecerahan warna kulit. Avril mengatakan, merebaknya jerawat setiap pramenstruasi akibat kadar hormon estrogen dan progesteron cenderung naik. Adapun kadar hormon testosteron konstan.

“Peningkatan kadar progesteron menstimulasi produksi sebum yaitu substansi minyak tebal yang berfungsi sebagai lubrikan kulit. Kulit akan “membengkak” dan dalam waktu bersamaan pori-pori menutup, akibatnya sebum terkumpul di bawah kulit,” kata Avril.

Saat itu biasanya wajah perempuan terlihat lebih berminyak. Padahal, minyak itu adalah makanan untuk bakteri Propionibacterium acnes, yaitu penyebab jerawat dan inflamasi kulit menjelang menstruasi.

Dengan asupan lemon, maka perkembangan bakteri akan terhambat. Sebab, air lemon juga mengandung limonen yang berkhasiat antibakteri.

Menurut Valentina Indrajati, selain itu konsumsi sayur dan buah, sebaiknya sempatkan berolahraga secara teratur, karena mampu membantu membentuk sel-sel kulit baru dan memperbaiki sel-sel kulit yang mati.

“Tidur yang cukup untuk menghilangkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas,” ujar Valentina.

Menurut Valentina hindari mengonsumsi makanmakanan cepat saji dan membiasakan diri selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif kulit terlihat lebih sehat, segar, kuat, dan kencang.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kembangkan Kelapa Genjah Merah Bali, Pekebun Panen Lebih Cepat

Trubus.id—Gede Sukrasuarnaya kesengsem penampilan kelapa genjah merah bali. “Warnanya cantik jingga kemerahan. Buahnya lebih banyak dan lebih besar dibandingkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img