Saturday, June 22, 2024

Tip Membungakan Bunga Bangkai Raksasa di Luar Habitat

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) dapat tumbuh di luar habitat. Misanya di di Rumah Perubahan Jakarta Escape, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Menurut anggota tim botani Jakarta Escape, Fransiska Natalia Purba, syaratnya menyediakan ruang tumbuh sesuai syarat hidup bunga bangkai raksasa. Apalagi A. titanum membutuhkan waktu 5—7 tahun untuk berbunga.

Bisa dibilang A. titanum dapat tumbuh maksimal di luar habitat jika terpenuhi semua kebutuhan hidupnya. Sejatinya habitat asli bunga bangkai raksasa di hutan hujan tropis yang lembap.

Namun, seringkali mereka juga ditemukan di hutan sekunder, pinggir sungai, bahkan kebun penduduk setempat. Tanaman biasanya tumbuh di atas tanah kaya hara dan serasah daun.

Oleh sebab itu, pengelola meletakkan A. titanum di dalam pot dengan media tanam organik berupa campuran sekam mentah, pupuk kompos, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.

Media tanam porous sehingga akar bergerak bebas. “Akar cepat menyerap nutrisi dari media tanam,” kata Fransiska. Penanaman di dalam pot memudahkan pengelola mengontrol kesuburan media tanam.

Selain itu, penanaman dalam pot untuk menarik perhatian pengunjung. Bunga bangkai raksasa itu hidup di bawah naungan pepohonan. Pengelola tidak memberikan perlakuan khusus untuk membungakan tanaman.

Fransiska menuturkan, tanaman memiliki segudang cadangan makanan dari umbi berukuran besar untuk mendorong keluarnya bunga. Cadangan makanan itu cukup untuk mendistribusikan nutrisi pada fase generatif.

Hasilnya A. titanum pun mekar sempurna dan menjadi magnet bagi pengunjung di Jakarta Escape. Pemberian lingkungan hidup yang sesuai kebutuhan tanaman memungkinkan bunga bangkai tumbuh sentosa di kota.

Menurut anggota tim marketing communication Jakarta Escape, Virginania Chandira, Jakarta Escape mengusung tema ruang atau taman hijau yang mengedepankan harmoni antara alam dan manusia.

Jakarta Escape terbuka bagi siapa saja yang ingin menikmati suasana alam nan asri sembari mengenal berbagai flora dan fauna unik, termasuk bunga bangkai.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img