Thursday, February 2, 2023

Tips Berburu Bakalan Sapi di Pasar agar Tidak Tertipu

Rekomendasi

Trubus.id — Memilih bakalan sapi di pasar tidak mudah. Perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih. Apalagi, jumlah sapi yang sangat banyak kadang membuat bingung pembeli. Belum lagi para blantik yang berkeliaran untuk memainkan harga sapi demi mendapat upah atau keuntungan.

Langkah awal memilih sapi di pasar, Anda bisa menentukan terlebih dahulu jenis sapi apa yang diinginkan. Hal ini penting karena di pasar banyak jenis bakalan sapi yang diperjualbelikan, seperti simmental, brahman, dan brangus. Jangan sampai karena tidak tahu jenis sapi unggulan membuat Anda kebingungan saat di pasar.

Kondisi psikis yang tidak baik seperti bingung sangat berisiko menjadi korban penipuan. Persiapan mental yang baik sangat penting. Agar diperoleh bakalan sesuai kriteria, sapi harus dicermati satu per satu.

Walau jumlah sapi yang ada di pasar berjumlah ratusan, tidak semua memenuhi syarat sebagai bakalan. Misal dari bobot saja bervariasi dari 200 kg, 300 kg, bahkan sampai 400 kg. Padahal, yang cocok sebagai bakalan bobotnya antara 250 kg–300 kg.

Bila bakalan yang dicari sudah ditemukan, Anda harus segera menandai sapi itu. Barulah negosiasi harga dilakukan. Walau negosiasi berlangsung alot, sudah ada standar harga yang berlaku. Pembelian dalam partai besar biasanya akan memperoleh potongan harga. Apalagi, kalau langsung berhubungan dengan peternak (pemiliknya), Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Satu hal yang perlu diingat bagi pembeli baru, harus berhati-hati. Bisa-bisa Anda menjadi sasaran empuk para blantik. Blantik itu seperti makelar. Mereka ‘mengompori’ pembeli agar mau beli sapi dari pedagang tertentu. Begitu Anda kelihatan tertarik, jangan harap bisa lolos.

Blantik akan terus merayu sampai Anda membeli dari pedagang yang ditunjuknya. Bila rayuan sukses, mereka mendapat komisi dari pedagang. Besarnya bervariasi, Rp50.000–Rp150.000.

Blantik dan pasar ibarat tukang parkir dan tempat parkir. Artinya, ke pasar mana pun Anda mencari sapi, pasti bertemu dengan blantik. Cara menghindari blantik mudah saja. Pembeli harus sering ‘beredar’ di pasar.

Blantik biasanya tidak berani mendekati pembeli yang sudah mengenal pasar. Maklum, pembeli sudah tahu situasi pasar, termasuk harga sehingga tak bisa dipermainkan.

Bila urusan membeli sudah beres, jangan senang dahulu. Masih ada satu urusan yang harus dipikirkan, yakni angkutan. Jangan sembarangan menyewa truk. Sudah jadi rahasia umum kalau ada mafia sapi. Sapi yang kita beli bisa ditukar saat istirahat di tengah perjalanan. Oleh karena itu, lebih amannya Anda membawa angkutan sendiri.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Jenis Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Trubus.id — Belakangan ini, merawat kulit menjadi sebuah keharusan. Apalagi, di tengah aktivitas yang serba cepat dan padat. Hal...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img