Varietas Bunga Matahari Baru Helina IPB, Warna Mencolok, Berbunga Banyak, dan Adaptif

0
bunga matahari
Helina IPB berbunga kuning cerah dan memiliki 12—26 bunga per tanaman. Foto : Dok. M. Syukur.

Trubus.id—Guru Besar Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB),  Prof. Dr. M. Syukur, merakit bunga matahari. Pada Maret 2023, Kementerian Pertanian merilis Helianthus annuus rakitan Syukur itu dengan nama Helina IPB.

Bunga matahari itu cantik dan ceria. Warna bunganya kuning cerah dengan jumlah bunga mencapai 12—26 kuntum per tanaman.

“Bunga itu bisa digunakan sebagai penghias di pekarangan maupun refugia di lahan petani. Jumlah bunga yang banyak itu juga bisa digunakan sebagai bunga potong untuk rangkaian bunga,” kata Syukur.

Tanaman berbunga saat berumur 37—47 hari setelah tanam. Varietas itu unggul dari warna yang menarik dan produktivitas bunga yang tinggi. Tanaman anggota famili Asteraceae itu adaptif di dataran rendah hingga tinggi.

Diameter bunga 17,4—27,4 cm dan bobot 1.000 biji mencapai 26,8—33,3 gram. Sebelum diajukan ke Kementerian Pertanian untuk dirilis, Syukur mengunggah foto galur bunga matahari unggul itu di media sosial.

Tujuannya meminta saran dari teman-teman Syukur mengenai nama bunga matahari baru itu. Ada salah satu anggota staf Kementerian Pertanian (Kementan) yang mengusulkan bunga matahari itu bernama helina.

“Saya cari tahu arti nama itu ternyata dalam bahasa Rusia berarti sinar dari matahari. Jadi, saya rasa nama itu pas,” tutur Syukur. Akhirnya pada Maret 2023, Kementerian Pertanian merilis Helianthus annuus rakitan Syukur itu dengan nama Helina IPB.

Nama IPB merupakan tempat Syukur mengabdi. Helina IPB merupakan hasil persilangan antara IPB HA001 dengan IPB HA002. “Setelah disilangkan, kami lakukan seleksi pedigre termodifikasi,” kata peraih penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 2016 itu.

Syukur berharap Helina IPB bisa berkembang di masyarakat sebagai varietas unggul bunga matahari. Harap mafhum varietas unggul bunga matahari yang resmi dilepas Kementerian Pertanian RI masih terbatas.