Monday, August 15, 2022

Aglaonema Anyar Van Buitenzorg

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Petita dan nina memang layak disandingkan dengan nama Napoleon Bonaparte. Mereka aglaonema berdaun terkecil, tetapi tetap tampil menawan. Daun petita berwarna hijau muda dengan tulang daun dan jari-jari merah muda. Kadang-kadang dominan merah, kuning, atau merah dan kuning karena mengalami mutasi. Sedangkan nina daunnya berwarna hijau tua dan tulang daun merah sehingga tampak kontras. Nina diambil dari kosa kata Latin, nana, yang juga bermakna kecil.

Dua pendatang baru hasil silangan Gregori Garnadi Hambali itu muncul bersamaan dengan madame suroyo, JT2000, dan ruby. Greg Hambali adalah penangkar aglaonema di Buitenzorg alias Bogor. Tiga pendamping itu berdaun lebar, tetapi keindahannya bersaing dengan petita dan nina.

Madame suroyo tampil anggun, istimewa lantaran rajin beranak. Sifat itu menurun dari tetuanya Aglaonema comutatum tricolor yang disilangkan dengan Aglaonema rotundum. Nama madame suroyo diambil dari Tati Soeroyo, pecinta aglaonema di Cilandak, Jakarta Selatan. Gregori Garnadi Hambali, penangkar yang melahirkan madame suroyo, mengabadikannya sebagai hadiah ulang tahun ke-80 Tati Soeroyo.

Tahan banting

JT2000 sifatnya stabil. Anakan yang keluar persis sama dengan sang induk. Bercak daun, tangkai, dan btang tanaman didominasi warna pink yang sama. Sebutan JT diambil sahabat Greg—sapaan Gregori Hambali—di Singapura, John Tan. Sedangkan 2000 merupakan tahun saat JT2000 pertama muncul dengan sosok istimewa.

Corak daun ruby lebih beragam. Ada yang mirip lady valentine, meski ukurannya berbeda. Ukuran daun ruby lebih besar dan lebar ketimbang lady valentine dan ada yang didominasi merah muda sampai merah tua. Ragam lain, daun ruby berwarna hijau tua berbercak merah muda. Sosoknya kompak. Meski beragam, tetapi pada umumnya jenis ruby berkulit daun tebal sehingga resisten serangan hama dan penyakit. “Ruby lebih bandel dan tahan banting,” ujar Fransiskus Wiratmahusada, penyedia aglaonema eksklusif di Semarang, Jawa Tengah.

Aglaonema baru lain didatangkan oleh para importir dari Th ailand. Contoh, legacy yang coraknya mirip silangan Greg Hambali. Di selembar daun terdapat warna hijau, putih, kuning, dan merah. Sedangkan red patricia, aglaonema baru asal Th ailand, mirip adelia. Ukuran daun lebih kecil dan bergelombang. Tulang daun merah berpadu dengan bercak merah dan hijau di sisinya. Itulah aglaonema-aglaonema anyar yang dapat Anda pilih sebagai penghias ruang tamu atau teras. (Rosy Nur Apriyanti/ Peliput: Dewi Nurlovi Permas)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img