Tuesday, July 23, 2024

Atasi Serangan Kumbang Tanduk dan Rontok pada Bunga Anggrek

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Kumbang tanduk Oryctes rhinoceros kerap membuat para hobiis anggrek geram. Pasalnya, menggerek pucuk bunga dan bagian tanaman anggrek lainnya sehingga lambat laun anggrek meregang nyawa.

Pehobi anggrek di Blitar, Jawa Timur, Tasya menggunakan cairan susu kental manis untuk mengusir kumbang. Ia menyiramkan sesendok susu pada media anggrek.

Susu itu untuk mengundang semut. Saat semut berdatangan, kumbang tanduk pergi karena merasa terancam. Anggrek pun bebas serangan kumbang.

Selain serangan akibat kumbang tanduk, kuntum anggrek rontok satu per satu sebelum berkembang juga menjengkelkan. Penyebabnya karena tanaman terserang liriomyza.

Untuk mencegah serangan lalat yang menyerang kuncup bunga, semprot anggota famili Orchidaceaea itu dengan insektisida sistemik, seperti Trigard 75 wp, Agrimex, atau Confidor setiap minggu saat satu bunga terbawah mulai mekar.

Penyemprotan cukup 2 kali dengan konsentrasi 1 g/5 l air untuk Trigard. Anggrek pun tampil memikat dengan bunga mekar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img