Thursday, July 25, 2024

Ingin Tanam Alpukat? Catat Jenis Alpukat Menurut Permintaan Pasar

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Alpukat premium menjadi incaran pasar. Menurut Manajer Pengembangan Bisnis PT Laris Manis Utama Vendi Tri Suseno, S.T.P., kriteria alpukat yang diinginkan pasar berdaging tebal, daging buah warna kuning seperti mentega, gurih legit, dan berbobot seragam 300—400 gram per buah. Buah berkulit mulus juga menjadi keharusan.

Ia menuturkan jenis yang memungkinkan masuk kriteria premium itu seperti mentega probolinggo, cipedak atau miki, kendil, dan wina. “Daging kuning tebal, berbiji kecil, cita rasa enak, dan kulit mulus bisa masuk pasar premium,” kata Vendi.

Lebih lanjut ia menuturkan sejatinya ada dua segmen pasar premium. Pertama, pasar alpukat mentega (merujuk pada alpukat berdaging kuning seperti mentega) dengan harga jual sekitar Rp50.000 per kg. Ada juga segmen baru seperti alpukat hass lokal.

Alpukat hass lokal berhasil panen di dalam negeri, bukan buah impor. Ia menuturkan syarat alpukat hass untuk pasar domestik berkulit mulus dan cita rasa enak. Cita rasa hass gurih, legit, sedikit pahit tetapi enak, pahitnya seperti teh atau kopi.  

Jenis alpukat berdasarkan peruntukannya terdiri dari alpukat meja, industri, suling, dan alpukat batang bawah.  Alpukat meja memiliki kriteria berbobot kurang dari 400 g.

Ukuran ideal alpukat untuk buah meja jangan terlalu besar agar bisa habis sekali konsumsi. Cita rasa buah enak, sehingga bisa dikonsumsi tanpa tambahan bahan lain. Misalnya kedil, cipedak atau miki, hass, dan pameling.

Alpukat industri yakni memiliki produktivitas tinggi, ukuran buah besar, dan daging buah tebal. Tidak dituntut cita rasa istimewa karena nanti dicampur dengan bahan lain.  Industri kosmetik, toiletris, dan kuliner membutuhkannya. Misalnya aligator dan pluwang.

Alpukat suling dengan kriteria penyulingan atau distilasi buah alpukat untuk mendapatkan minyak asiri. Disarankan jenis alpukat mentega karena berkadar air rendah misalnya kendil, cipedak/miki, wina, hass, dan pameling.

Alpukat batang bawah  digunakan untuk perbanyakan tanaman dengan sistem grafting atau okulasi. Jadi, petani mengambil biji buah untuk disemaikan. Tanaman berakar kuat, berumur tua, dan tahan serangan hama dan penyakit tanaman misalnya alpukat zutano.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img