Sunday, November 27, 2022

Cendawan dan Bakteri Sahabat Akar

Rekomendasi

mikorisaSelama 3,5 bulan, cendawan Mikoriza dan bakteri Azotobacter serta Azospirillum menumpang di akar jagung. Hasilnya, panen melonjak dari 3,5 menjadi 8 ton/ha. Semula, petani hanya memberikan pupuk kotoran sapi 1 kg/m2. Perubahan terjadi setelah ia membenamkan 2,5-5 g mikoriza dan 10 ml bakteri Azotobacter serta Azospirillum.

Mikoriza sebenarnya tersedia pada sebagian besar tanaman, tetapi ia tidak dominan di tanah karena kalah bersaing dengan belasan bahkan puluhan puluhan mikroba lain. Fungi ini menumpang di akar-tepatnya jaringan korteks-beragam tanaman, termasuk jagung. Fungi itu bersifat biotrofik alias hanya indekos di akar tanaman hidup. Antara mikoriza dan tanaman inang terjadi simbiosis mutualisme alias kerjasama saling menguntungkan. Ketika akar sulit mendapatkan fosfor, melalui hifa atau benang-benang halus yang mengelompok-disebut arbuskula-ia akan mengambilnya dari dalam tanah. Hifa itu bak perpanjangan akar. Mikoriza menyediakan fosfor sesuai kebutuhan tanaman. Tidak kurang, tidak lebih. Begitu juga keperluan tanaman akan air dan unsur hara.Sebagai imbalannya, tanaman memberikan energi hasil fotosintesis untuk kelangsungan hidup mikoriza.

Pemanfaatan mikoriza dalam budidaya tanaman berdampak ganda. Tanaman subur dan produksi meningkat. Daya tahan penyakit juga naik, terutama yang menyerang melalui akar. Ini tak lepas dari simbiosis mikoriza yang meningkatkan jumlah metabolit sekunder penolak patogen seperti fitoalexin, enzim peroksidase, dan senyawa PR (phatogenesis related) protein. Penelitian lain menyebutkan mikoriza efektif mengurangi stres tanaman. Manfaat mikoriza dan bakteri penambat nitrogen tak hanya dirasakan pekebun jagung, tapi juga meningkatkan produksi beragam tanaman pangan, perkebunan, sampai hortikultura. Utamanya yang dibudidayakan di tanah miskin hara seperti podsolik merah kuning, latosol, dan gambut. Sekadar menyebut contoh padi, kelapa sawit, kopi, kakao, tembakau, kedelai, dan stroberi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img