Saturday, April 13, 2024

Daun Pandan Berpotensi Gantikan Antioksidan Sintetik

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Daun pandan lazimnya menjadi pewarna makanan. Nyatanya khasiat daun padan juga untuk kesehatan wajah. Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB University, Prof. Khaswar Syamsu menjadikan ekstrak daun pandan sebagai bahan pembuatan Ecoskin.

Daun pandan mengandung senyawa polifenol yang memiliki aktivitas antioksidan dan diekstraksi dengan pelarut etanol. Prof. Khaswar menuturkan antioksidan yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pengganti antioksidan sintetik dalam industri makanan atau kosmetik.

Hal itu dengan memanfaatkan kandungan pada daun pandan. “Ecoskin memiliki dua makna, yaitu sebagai produk yang terjangkau secara ekonomis dan ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami,” ujar Prof Khaswar.

Lebih lanjut ia menuturkan penggunaan scrub wajah yang mengandung butiran kecil menjadi bagian dari perawatan kulit atau untuk mengangkat lapisan atas kulit. Sayang, metode scrub sering menyebabkan iritasi pada wajah terutama pada jenis kulit sensitif.

Prof. Khaswar menjelaskan Ecoskin berbahan ekstrak daun pandan ini dirumuskan dengan berbagai bahan tambahan seperti pelembap dan zat antimikroba. Pasalnya selain mengawetkan produk, penambahan zat antimikrob itu bermanfaat untuk kesehatan kulit.

“Ecoskin sangat mudah digunakan. Hanya dengan mengoleskan gel secara merata ke wajah dan membiarkannya selama 15 menit sebelum dibilas dengan air. Meskipun tidak ada anjuran khusus terkait durasi penggunaan, produk ini direkomendasikan untuk digunakan tiga sampai empat kali dalam seminggu pada malam hari,” ucap Prof. Khaswar dilansir dari laman IPB.

Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB University, itu menuturkan bahwa exfoliating gel itu aman digunakan baik perempuan maupun laki-laki. Musababnya produk itu terbuat dari bahan alami. Ia juga menegaskan produk itu tidak mengandung protein hewani seperti kolagen.

Hasil uji coba empiris menunjukkan sebagian besar panelis merasa cocok menggunakan produk ini tanpa mengalami efek samping. “Mayoritas dari mereka juga lebih memilih produk ini dibandingkan dengan produk komersial lainnya karena memberikan sensasi dingin dan kelembutan pada kulit,” katanya.

Prof. Khaswar berharap produk perawatan kulit atau wajah yang berbahan alam menjadi opsi bagi masyarakat. Pasalnya saat ini banyak masyarakat membuat pilihan yang kurang tepat dalam memilih produk kecantikan. Dampaknya seperti jerawatan, kulit kering, dan flek hitam.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Unik Cara Tanam Stroberi Ala Jepang di Kantung Geotekstil

Trubus.id—Stroberi dapat ditanam di kantung geotekstil. Ram besi berbentuk U menopang kantung-kantung itu ke rangka. Setiap jalinan rangka dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img