Tuesday, November 29, 2022

Eksplorasi Derawan

Rekomendasi

Derawan menjadi tempat peneluran penyu terbesar di Asia. Bayangkan, setiap malam ratusan penyu mendarat di gugusan Kepulauan Derawan, dan meninggalkan 20.000 telur. Eksotisme Derawan-termasuk wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur-bukan hanya penyu, pantai landai, dan pasir putih. Di Pulau Kakaban, misalnya, terdapat danau yang dihuni ubur-ubur Cassiopeia ornata yang berenang terbalik. Untuk mencapai Derawan, Trubus terbang dari Balikpapan ke bandara Kalimarau, Berau. Dari sana perjalanan berlanjut dengan kapal cepat selama 2 jam. ***

  1. Induk betina penyu hijau Chelonia mydas usai bertelur kembali ke laut lepas. Sejak menggali lubang hingga menutupnya kembali perlu waktu 1,5 jam.
  2. Pantai Merubetiri, Kabupaten Jember, Jawa Timur, salah satu lokasi peneluran penyu hijau. Dalam semalam setidaknya 3 induk betina bertelur di sini.
  3. Sebutir telur melewati kloaka penyu hijau Chelonia mydas. Meski tengah bertelur, induk betina tak terganggu ketika kita datangi.
  4. Petugas Taman Nasional Alaspurwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melepas tukik-tukik alias anak penyu hijau dan penyu sisik.
  5. Tukik atau anak penyu dilepas ke laut lepas. Dari 1.000 tukik yang dilepas hanya seekor yang bertahan hingga dewasa karena banyaknya predator seperti burung elang.
  6. Seekor tukik atau anakan penyu hijau Chelonia mydas berumur 3 bulan hendak ke lautan. Di laut lepas ia berjuang dari beragam predator dan alam yang tak ramah. Penyu hijau dewasa setelah berumur 30 tahun.
  7. Tukik penyu sisik Eretmochelys imbricata khas dengan karapas berwarna jingga. Ia hanya salah satu di antara 200-an butir sepeneluran yang menetas.
  8. Lima puluh sembilan butir telur penyu hijau Chelonia mydas di satu sarang sedalam 25 cm. Telur-telur dari induk yang baru belajar bertelur itu dipindahkan ke lokasi penetasan yang aman dari jangkauan predator dan gelombang laut.
  9. Tukik-tukik alias anak penyu hijau Chelonia mydas dilepas ke samudera.
  10. Induk betina penyu hijau Chelonia mydas menutup lubang peneluran sedalam 6070 cm dengan kedua sirip belakang secara bergantian.
  11. enyu memilih malam untuk bertelur karena suhu dingin dan tanpa predator. Ia mendarat setelah terjadi kopulasi 2 pekan sebelumnya. Proses pembuahan hingga mengerasnya cangkang telur memakan waktu 2 pekan.
  12. Walau telur-telur penyu sudah diambil petugas, naluri mengubur sarang tetap terpelihara. Keempat sirip penyu secara bergantian menimbun lubang peneluran. Jika lubang peneluran tertutup pasir, induk penyu membuat gundukan sebagai kamuflase. Lokasinya di
  13. Keni Setiawan, petugas konservasi penyu di Pulau Sangalaki, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, mengambil telur-telur penyu hijau di sebuah lubang peneluran. Keni memindahkan telur karena lokasi peneluran terlalu dekat atau 2 meter dari pecahnya ombak. Air
  14. Telur penyu hijau Chelonia mydas yang pecah akibat tertusuk togkat besi seukuran kelingking dan berujung runcing. Untuk meyakinkan keberadaan telur, petugas konservasi menusukkan tongkat itu ke dalam sebuah sarang.
  15. Telur-telur penyu hijau seukuran bola pingpong dengan cangkang relatif lunak. Di sebuah sarang, induk betina penyu hijau menghasilkan rata-rata 80195 butir sekali bertelur.
  16. Penyu satwa purba yang bertahan hingga kini. Namun, banyak ancaman terhadap kelangsungan hidupnya seperti perdagangan telur. Di Berau telur-telur itu dijajakan di pasar, pedagang kaki lima, atau kedai-kedai dengan harga Rp6.000 per butir.
  17. Bunga turi merah Sesbania grandiflora bahan sayuran yang lezat. Tanaman anggota famili Leguminosae itu menambat nitrogen.
  18. Vegetasi khas pantai: pandan Pandanus tectorius dengan buah dewasa. Daun tumbuhan itu lazim dianyam menjadi beragam produk seperti tikar, tas, dan topi.
  19. Ubur-ubur Cassiopeia ornata sangat unik karena saat berenang tentakel berada di atas, bukan di bawah seperti lazimnya. Satwa langka endemik Danau Kakaban di Pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain di Kakaban, ubur-ubur sejenis hanya terd
  20. Di Berau dan daerah-daerah di Kalimantan Timur lain, perahu motor menjadi sarana transportasi utama. Tampak perahu mereka menyebutnya ketinting atau taksi air menyeberangi Sungai .., di Berau.
  21. Lekukan-lekukan di atas pasir akibat pasang di Pantai Maratua, gugusan Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.
  22. Pemandangan di Pantai Maratua, gugusan Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, berpasir putih, landai, lagi elok. Untuk mencapai pulau itu perlu waktu 2 jam dengan kapal cepat dari Berau.
  23. Maratua, salah satu dari 31 pulau di gugusan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pantai landai berpasir putih, laut bersih, dan terumbu karang yang terjaga menjadi tempat favorit para penyelam.
  24. Sarang penetasan penyu hijau dibongkar setelah 100 telur menetas. Penetasan terjadi setelah telur dipendam dalam pasir selama 60 hari.
  25. Cangkang telur penyu setelah menetas.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img