Monday, August 8, 2022

Eureka! Drasevieria

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Drasevieria lahir dari tangan Pramote Rojruangsang, penyilang tanaman hias di Pathumthani, Thailand. “Ini sebuah keajaiban,” kata Jiew, sapaannya. Mafhum saja, Jiew mengawinkan 2 spesies berbeda itu sejak akhir 2008. Idenya bermula ketika pemilik nurseri Unyamanee Garden itu menyilangkan dracaena untuk mendapat varietas baru. Bersamaan dengan itu lidah mertua koleksi tengah berbunga. “Mengapa tidak sekalian dicoba saja keduanya dikawinkan? Itu memungkinkan karena bentuk dan struktur bunga sansevieria dan dracaena sama,” kata Jiew.

Jiew mengawinkan Dracaena fragrance dengan Sansevieria aborescent dan Dracaena fragrance variegata dengan Sansevieria senegrumbica. “Karena saat itu bunga jenis-jenis itu yang tersedia,” imbuhnya. Dracaena sebagai induk betina, sementara sansevieria, pejantan. Sayang, dari ratusan kali penyilangan hanya didapat 10 – 20 buah matang di induk D. fragrance. Lainnya, rontok sebelum membesar. Itu pun dari 20 buah hanya 1 yang menghasilkan biji untuk ditumbuhkan menjadi seedling.

Bunga sama

Pantas kolektor tanaman variegata itu merasa beruntung mendapat satu hibrid baru. “Ini baru satu-satunya di dunia,” tutur Piya Subphaya-Achin, saudara Jiew. Mereka berdua menamakannya drasevieria. Pendatang baru itu mewarisi karakter banyak anak dari pangkal batang dari sansevieria. Sementara dracaena menyumbang karakter daun lebar dan tepi bergelombang.

Menurut Gregori Garnadi Hambali, penyilang tanaman hias di Bogor, Jawa Barat, dracaena dan sansevieria berpeluang untuk dikawinkan. Riset Greg sama seperti yang ditemukan Jiew, “Bentuk dan karakter bunga keduanya sama,” kata ahli botani yang meneliti morfologi bunga sansevieria dan dracaena pada 2009 itu. Untuk mengawinkan keduanya butuh banyak induk supaya peluang mendapatkan tanaman berbunga dalam waktu sama dan sesuai besar.

Di Thailand, berita “kelahiran” drasevieria langsung menyebar pada penyilang-penyilang lain. Sejak akhir 2010 mereka mulai aktif ikut mengawinkan sansevieria dan dracaena. Harapannya akan lahir drasevieria baru dengan penampilan lebih cantik dan beragam.

Sulit

Selain membidani drasevieria Jiew juga mendapatkan hibrida baru dracaena yang tak kalah menarik. Sebut saja D. fragrance x D. elliptica, D. fragrance x. D. surculosa, dan D. cantleyi x Dracaena sp. Yang disebut pertama berdaun lebih lebar ketimbang tetuanya, fragrance. Penampilan D. fragrance x D. elliptica juga kompak lantaran jarak antardaun dekat. Ia pantas ditanam di pot.

D. fragrance x. D. surculosa cocok dipakai sebagai elemen taman karena tahan terhadap sengatan sinar matahari. Sosok D.cantleyi x Dracaena sp mirip tetuanya, cantleyi, dengan bercak lebih sedikit. Drakaina, dari bahasa Yunani berarti naga betina, memang cocok sebagai tanaman hias pot pun lansekap.

“Untuk menghasilkan jenis yang bagus sulit,” tutur Greg yang sejak 2009 menghasilkan minimal 200 hibrida, tapi hanya 10 jenis yang sosoknya benar-benar beda. Disebut bagus jika naga betina itu bersosok unik dan kompak, memiliki kombinasi warna, corak, dan bentuk menarik, serta berbeda dari induk. “Meski jumlah spesies dracaena di dunia banyak, tetapi bukan jaminan dapat melakukan penyilangan dengan leluasa,” katanya. Mafhum, waktu berbunga masing-masing jenis berbeda. Kalaupun sama, belum tentu compatible (sesuai, red). Akibatnya, banyak penyilangan tidak menghasilkan buah, berbuah tapi tak berbiji, atau rontok sebelum matang.

Kalaupun biji ditanam dan menjadi jenis baru, penampilannya kerapkali mirip dengan induk. Greg menduga kejadian itu disebabkan karena sulitnya jumping gen pada dracaena. “Buktinya Dracaena florida beauty yang sudah ditanam bertahun-tahun jarang ditemukan yang beralih rupa,” kata Greg. Kalaupun terjadi mutasi, paling warnanya berubah menjadi sedikit kuning atau coraknya lebih banyak sedikit. “Semakin mudah terjadi jumping gen, semakin besar peluang mendapatkan anakan beragam bentuk,” tambahnya. Sembari menunggu itu, kini telah lahir drasevieria. (Rosy Nur Apriyanti)

Previous articleBonsai Pot Pecah
Next articleAsri Berkat Dinding Besi
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img