Wednesday, February 8, 2023

Guru Besar UGM Ingatkan Memilih Kosmetik yang Aman

Rekomendasi

Trubus.id — Industri kosmetik berkembang sangat pesat. Bisa dipastikan setiap hari seseorang menggunakan beragam jenis kosmetik seiring dengan tuntutan perkembangan gaya hidup. Penggunaan kosmetik membawa dampak manfaat dan potensi risiko.

Menurut Prof. Dr.rer.nat.apt. Endang Lukitaningsih, M.Si, Guru Besar Bidang Kimia Farmasi, Fakultas Farmasi UGM, dengan pemakaian kosmetik berarti seseorang memberikan banyak senyawa kimia ke permukaan kulit.

Selain memperoleh manfaat dan meningkatkan kepercayaan diri, dampak penggunaan kosmetik mengandung risiko. Oleh karena itu, pengguna harus memastikan kosmetik yang digunakan menjamin keamanan dan memiliki manfaat yang ditegakkan dengan dasar-dasar ilmiah.

Endang mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kosmetik. Kosmetik selalu digunakan secara topikal sehingga tidak ada kosmetik yang cara penggunaannya ditelan atau diinjeksikan.

Kosmetik, tidak boleh memengaruhi fungsi fisologi tubuh dan tidak menimbulkan efek sistemik, serta tidak mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat.

Oleh karena itu, sediaan kosmetik memiliki berbagai bentuk, yaitu sediaan yang digunakan secara dibilas (rinse off) dan sediaan kosmetik yang dibiarkan menempel di tempat aplikasikan (leave on).

“Masing- masing jenis sediaan ini tentu saja harus dibuat dalam bentuk yang sesuai dan memiliki efek samping yang berbeda-beda,” kata Endang dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada.

Menurut Endang, walaupun kosmetik digunakan secara topikal, bahan asing yang ditempelkan di kulit pastilah memiliki efek samping, terlebih bila pemakaiannya dalam jangka waktu yang lama.

Untuk itu, faktor risiko penggunaan kosmetik harus diminimalkan. Caranya, dengan menggunakan organik kosmetik atau natural kosmetik.

Endang memberi contoh bengkoang sebagai salah satu bahan kosmetik sudah digunakan secara tradisional turun-temurun sebagai bedak dingin dengan kemasan secara tradisional sebagai sediaan padat, tetapi perlu direndam air bila akan digunakan.

Dengan kemajuan industri, bengkoang ini digunakan dalam kemasan yang lebih menarik dan mudah digunakan sebagai salah satu bahan dalam body lotion, sun screen lotion, atau dalam sediaan lulur.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img